Jumat, 13 Desember 2019

 

 

Nasional

Cerita Staf Khusus Mantan Ketua DPR RI Ade Komarudin Tentang Pesawat R80 BJ Habibie

Ahmad Fiqi Purba
Kamis, 12 September 2019 10:38 WIB

Cerita Staf Khusus Mantan Ketua DPR RI Ade Komarudin Tentang Pesawat R80 BJ Habibie
Almarhum BJ Habibie saat menyambangi Mantan Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) untuk menyampaikan cita-citanya mewujudkan pesawat R80 bisa mengudara. Foto: Istimewa

SOKSINEWS.COM, Presiden ke-3 RI BJ Habibie sangat gigih untuk mewujudkan sebuah karyanya yaitu pesawat R80 terbang bebas diudara. Hal itu diungkapkan oleh Staf Khusus Mantan Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) Pria Santri Beringin.

Pria Santri Beringin mengungkapkan, Habibie bahkan sudah menginvestasikan dana pribadi untuk menjadikan proyek R80 sebagai warisan untuk Indonesia sehingga mampu menyaingi boeing maupun airbus.

"Beliau (Habibie) juga menyampaikan bahwa Turki sudah secara terang terangan besedia mendanai proyek R80 yang sudah menuju tahap uji coba prototipe," kata Pria Santri Beringin dalam media sosial Facebooknya yang dipantau di Jakarta, Rabu (12/9/19).

Pria mengatakan, Habibie dengan tegas menolak tawaran dari Turki dan memilih untuk menyampaikan keinginannya kepada Ketua DPR yang saat itu dipimpin oleh Ade Komarudin (Akom).

"Saya ingat ketua DPR (Akom) waktu itu bahkan sudah membuka komunikasi dengan kementrian keuangan yang masih dikepalai Pak Bambang Brojo untuk mencari solusi agar R80 bisa terwujud," katanya.

Namun, Pria menyayangkan cita-cita Habibie kembali tertunda akibat ketua DPR yang negarawan saat itu dilengserkan.

"Semoga ke depannya UU Penyertaan Modal Negara mempertimbangkan industri pesawat terbang sebagai investasi strategis, mengingat tersedianya sumber daya tersebut di Indonesia. Ma'an Najah Eyang Habibie! I am truly sad by your passing away. Alfatihah lahu," pungkasnya.

BJ Habibie yang dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia wafat setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September 2019 dan menghembuskan nafas terakhir pada pukul 18.05 WIB diusianya ke 83 tahun.

Habibie akan dimakamkan usai Shalat Dzuhur di TMP Kalibata bersebelahan dengan makam kekasih hatinya Hasri Ainun Habibie, kavling 121.[]

Berita Lainnya

PPATK Dalami Rekening Kasino di Luar Negeri Milik Sejumlah Kepala Daerah

SOKSINEWS.COM, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) rupanya tengah menelusuri jejak-jejak transaksi keuangan . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Sofyan Djalil Bagikan 3.025 Sertifikat Tanah di Kalsel

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) membagikan 3.025 sertifikat tanah ke warga . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Ditangkap, Buronan Kasus Narkoba Coba Suap Petugas Imigrasi Rp 2 Miliar!

SOKSINEWS.COM, Petugas Imigrasi yang bertugas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara menangkap seorang buronan kasus narkoba inisial . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

PA 212 Minta Kasus Sukmawati-Muwafiq Diproses, Akan Demo Lagi Jika Mangkrak

SOKSINEWS.COM, Massa aksi demonstrasi di Mabes Polri meminta polisi untuk melanjutkan proses hukum dari Sukmawati Soekarnoputri . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Bamsoet: Wacana Lain Amandemen UUD 1945 di Luar GBHN Bukan dari MPR

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan bahwa rencana amandemen UUD 1945 guna untuk menghadirkan pokok-pokok . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019