Selasa, 15 Oktober 2019 -

 

 

Cerita Staf Khusus Mantan Ketua DPR RI Ade Komarudin Tentang Pesawat R80 BJ Habibie

Nasional  -  Kamis, 12 September 2019, 10:38 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Almarhum BJ Habibie saat menyambangi Mantan Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) untuk menyampaikan cita-citanya mewujudkan pesawat R80 bisa mengudara. Foto: Istimewa

SOKSINEWS.COM, Presiden ke-3 RI BJ Habibie sangat gigih untuk mewujudkan sebuah karyanya yaitu pesawat R80 terbang bebas diudara. Hal itu diungkapkan oleh Staf Khusus Mantan Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) Pria Santri Beringin.

Pria Santri Beringin mengungkapkan, Habibie bahkan sudah menginvestasikan dana pribadi untuk menjadikan proyek R80 sebagai warisan untuk Indonesia sehingga mampu menyaingi boeing maupun airbus.

"Beliau (Habibie) juga menyampaikan bahwa Turki sudah secara terang terangan besedia mendanai proyek R80 yang sudah menuju tahap uji coba prototipe," kata Pria Santri Beringin dalam media sosial Facebooknya yang dipantau di Jakarta, Rabu (12/9/19).

Pria mengatakan, Habibie dengan tegas menolak tawaran dari Turki dan memilih untuk menyampaikan keinginannya kepada Ketua DPR yang saat itu dipimpin oleh Ade Komarudin (Akom).

"Saya ingat ketua DPR (Akom) waktu itu bahkan sudah membuka komunikasi dengan kementrian keuangan yang masih dikepalai Pak Bambang Brojo untuk mencari solusi agar R80 bisa terwujud," katanya.

Namun, Pria menyayangkan cita-cita Habibie kembali tertunda akibat ketua DPR yang negarawan saat itu dilengserkan.

"Semoga ke depannya UU Penyertaan Modal Negara mempertimbangkan industri pesawat terbang sebagai investasi strategis, mengingat tersedianya sumber daya tersebut di Indonesia. Ma'an Najah Eyang Habibie! I am truly sad by your passing away. Alfatihah lahu," pungkasnya.

BJ Habibie yang dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia wafat setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September 2019 dan menghembuskan nafas terakhir pada pukul 18.05 WIB diusianya ke 83 tahun.

Habibie akan dimakamkan usai Shalat Dzuhur di TMP Kalibata bersebelahan dengan makam kekasih hatinya Hasri Ainun Habibie, kavling 121.[]

BJ HabibiePesawat R80

 

 

Baca Juga