Selasa, 15 Oktober 2019 -

 

 

Mahathir Segera Surati Presiden Jokowi Soal Asap Lintas Negara

Internasional  -  Jumat, 13 September 2019, 09:49 WIB
Penulis. Ahmad Fiqi Purba

Pengendara menembus kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau, Kamis (12/9/2019). Kota Pekanbaru menjadi salah satu wilayah di Provinsi Riau yang terpapar kabut asap karhutla di mana dalam tiga hari belakangan ini kabut asap semakin parah dirasakan masyarakat di kota itu. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/wsj.

SOKSINEWS.COM, Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim Yeo Bee Yin mengatakan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad akan menyurati Presiden Joko Widodo terkait asap dari wilayah Indonesia yang menyeberang ke Malaysia.

Hal itu diungkapkan Yeo Bee Yin setelah melakukan pertemuan dengan Mahathir.

"Dia (Mahathir, red) telah setuju untuk menulis surat kepada Presiden Jokowi untuk memberikan perhatiannya pada isu asap yang melintas batas negara,"kata Yeo Bee Yin, Sebagaiman dilansir dari The Star, Jumat (13/9/19).

Sebelumnya, Menteri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Siti Nurbaya Bakar menyatakan masalah asap harus dipandang lebih objektif. Siti menyampaikan, kemungkinan asap diudara Malaysia berasal dari kebakaran yang terjadi dinegara tersebut.

Menanggapi pernyataan Menteri LHK tersebut, Yoe menyampaikan pada situs asmc.asean.org menunjukan, asap yang ada di Malaysia menunjukkan berasal dari Malaysia.

"Data terbaru disitus itu menunjukkan asap yang masuk wilayah Malaysia menunjukkan berasal dari Indonesia," kata Yoe

Situs asmc.asean.org atau ASEAN Specialised Meteorological Centre adalah situs resmi ASEAN yang memuat indikasi data tentang asap lintas batas negara. Situs ini berkantor di Singapura.[]

AsapMalaysiaMahathir MohammadJoko WidodoJokowiKarhutla

 

 

Baca Juga