Sabtu, 22 Februari 2020

 

 

Nasional Politik

Komisi VIII DPR RI Dorong Ada Dana Hiba Bagi Pendidikan Pesantren

Kaslan
Kamis, 19 September 2019 15:52 WIB

Komisi VIII DPR RI Dorong Ada Dana Hiba Bagi Pendidikan Pesantren
Ilustrasi DPR RI

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mengatakan Komisi VIII DPR tetap menginginkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pesantren, mencantumkan terkait dana hibah dan dana pendidikan di pesantren.

Usulan itu menurut dia sangat logis, karena secara historis dan sosiologis, pesantren menjalankan fungsi pendidikan dan menanamkan nilai-nilai cinta Tanah Air.
???
"DPR tetap berharap dana hibah dicantumkan, selain ada dana pendidikan. Harus ada dana yang disiapkan untuk memperkuat pesantren," kata Marwan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/9/19).

Dia menjelaskan, secara historis dan sosiologis, keberadaan pesantren sudah ada jauh sebelum ada Indonesia, dan telah menyelenggarakan pendidikan.

Menurut dia, pesantren tidak hanya menanamkan nilai-nilai agama namun juga menanamkan nilai-nilai cinta Tanah Air dan nasionalisme.

"Nasionalisme itu yang melahirkan Indonesia, setelah Indonesia merdeka, kita bisa damai bertetangga hidup rukun. Itu kontribusi pesantren cukup besar karena menanamkan nilai-nilai moderasi, karena itu layak dipertahankan pendidikan ini," ujarnya.

Dia mengatakan, selain dana pendidikan di pesantren, harus ada dana abadi karena juga menjalankan fungsi dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Marwan menilai pesantren tidak bisa dipandang hanya menjalankan fungsi dakwah namun diharapkan menjadi pusat peradaban dunia yang menebarkan Islam moderasi.

Namun dia menilai, untuk besaran dana hibah dan dana pendidikan untuk pesantren diserahkan kepada pemerintah yang nanti akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP).

Komisi VIII DPR RI akan mengadakan Rapat Kerja dengan pemerintah pada Kamis dengan agenda pengambilan keputusan Tingkat I terkait RUU Pesantren.

DPR

Berita Lainnya

Panitia Pemilih Cawagub DKI Ditargetkan Terbentuk Pekan Depan

SOKSINEWS.COM, Panitia Pemilih (Panlih) Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta untuk menentukan pengganti Sandiaga Uno, ditargetkan . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020

Terjadi Persaingan Figur Parpol Dan Non-Parpol Di Pilkada Surabaya

SOKSINEWS.COM,Pusat Riset Pilkada JTV bekerja sama dengan Tim Survei Pilkada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memperkirakan . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020

Presiden Jokowi: Kita Ingin Negara Yang Cepat

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat untuk bekerja keras membangun ekonomi agar Indonesia menjadi . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020

Perpusnas: Pustakawan Berperan Membentuk Budaya Literasi

SOKSINEWS.COM, Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan pustakawan memiliki peran penting dalam membentuk . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020

Mukomuko Butuh Payung Hukum Lindungi Ikan Mikih

SOKSINEWS.COM, Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan, daerah ini membutuhkan payung hukum baik berupa . . .

Nasional Jumat, 21 Februari 2020