Kamis, 01 Oktober 2020

 

 

Ekonomi Bisnis & Keuangan

Rupiah Pagi Ini Diperkirakan Masih Melemah Dibayangi Sentimen Eksternal

Ahmad Fiqi Purba
Kamis, 26 September 2019 11:20 WIB

Rupiah Pagi Ini Diperkirakan Masih Melemah Dibayangi Sentimen Eksternal
Karyawan menunjukan uang rupiah pecahan 100 ribu dan 50 ribu di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (23/9/2019). Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada awal pekan ini dibayangi sentimen perang dagang, terkait batalnya kunjungan delegasi China ke Washington, Amerika Serikat untuk negosiasi. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (26/9/2019) diperkirakan masih melanjutkan pelemahan dibayangi sentimen eksternal.

"Dalam transaksi hari ini rupiah diprediksi masih akan melemah karena sentimen eksternal masih cukup kental," kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Dari AS, Presiden Donald Trump saat ini tengah mendapat dorongan pemakzulan dari DPR AS. Ketua Fraksi Partai Demokrat AS Nancy Pelosi mengatakan DPR akan melakukan penyelidikan formal apakah Trump harus dimakzulkan dan apakah tindakan yang diambil oleh Presiden Trump telah serius melanggar konstitusi.

Trump dicurigai meminta bantuan Ukraina untuk mencoreng saingannya yakni mantan Wakil Presiden AS Joe Biden, sebagai calon presiden yang paling terdepan dari Partai Demokrat untuk Pemilu 2020 mendatang.

Selain itu, sentimen eksternal lainnya yaitu adanya potensi resesi di Eropa. Para pengamat sepakat, kata dia, resesi mungkin lebih rentan terjadi di zona Eropa. Resesi adalah kontraksi atau pertumbuhan negatif dalam dua kuartal dalam satu tahun yang sama.

Ibrahim memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.105 per dolar AS hingga Rp14.170 per dolar AS.

Rupiah pagi ini bergerak melemah 13 poin atau 0,1 persen menjadi Rp14.165 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp14.152 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Kamis ini menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp14.162 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.134 per dolar AS.[]

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020