Sabtu, 14 Desember 2019

 

 

Nasional Hukum

DPR Sepakat RKUHP Dan Empat RUU Dibahas Periode Mendatang

Abu
Senin, 30 September 2019 12:41 WIB

DPR Sepakat RKUHP Dan Empat RUU Dibahas Periode Mendatang
Rapat Paripurna DPR pada Senin siang menyepakati lima Rancangan Undang-Undang (RUU) akan dilanjutkan kembali pembahasannya pada masa bakti DPR periode 2019-2024

SOKSINEWS.COM, Rapat DPR'>Paripurna DPR pada Senin siang menyepakati lima Rancangan Undang-Undang (RUU) akan dilanjutkan kembali pembahasannya pada masa bakti DPR periode 2019-2024, salah satunya Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

"Apakah dapat disetujui RUU tersebut ditunda dan 'carry over' pada periode persidangan pertama pada periode mendatang," kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam Rapat DPR'>Paripurna DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, (30/09/19). 

Setelah itu seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat DPR'>Paripurna DPR tersebut menyatakan setuju.

Bamsoet mengatakan sebelum Rapat Paripurna telah diadakan rapat Badan Musyawarah (Bamus) antar-pimpinan DPR dan seluruh unsur pimpinan fraksi dan komisi terkait usulan penundaan atau "carry over" beberapa rancangan undang-undang yang akan selesaikan pada periode ini.

Kelima RUU yang ditunda pengesahannya saat ini dan dibahas di periode mendatang adalah RKUHP, RUU Pertanahan, RUU Mineral dan Batu Bara (Minerba), RUU Perkoperasian, RUU Pengawasan Obat dan Makanan.

Dia mengatakan dalam Rapat Bamus, seluruh fraksi dan alat kelengkapan mengerti urgensi pengesahan RUU tersebut karena telah melalui proses yang panjang.

"Namun seluruh fraksi juga memahami situasi sehingga menyetujui RUU tersebut ditunda dan 'carry over' pada masa persidangan pertama pada periode yang akan datang," ujarnya.[]

Berita Lainnya

PPATK Dalami Rekening Kasino di Luar Negeri Milik Sejumlah Kepala Daerah

SOKSINEWS.COM, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) rupanya tengah menelusuri jejak-jejak transaksi keuangan . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Sofyan Djalil Bagikan 3.025 Sertifikat Tanah di Kalsel

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) membagikan 3.025 sertifikat tanah ke warga . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Ditangkap, Buronan Kasus Narkoba Coba Suap Petugas Imigrasi Rp 2 Miliar!

SOKSINEWS.COM, Petugas Imigrasi yang bertugas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara menangkap seorang buronan kasus narkoba inisial . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

PA 212 Minta Kasus Sukmawati-Muwafiq Diproses, Akan Demo Lagi Jika Mangkrak

SOKSINEWS.COM, Massa aksi demonstrasi di Mabes Polri meminta polisi untuk melanjutkan proses hukum dari Sukmawati Soekarnoputri . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Bamsoet: Wacana Lain Amandemen UUD 1945 di Luar GBHN Bukan dari MPR

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan bahwa rencana amandemen UUD 1945 guna untuk menghadirkan pokok-pokok . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019