Selasa, 21 Januari 2020

 

 

Ekonomi UMKM

Google Indonesia Perbanyak UMKM NTB Ikut Pelatihan Usaha Digital

Abu
Senin, 30 September 2019 13:52 WIB

Google Indonesia Perbanyak UMKM NTB Ikut Pelatihan Usaha Digital
Google Indonesia memperbanyak jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Nusa Tenggara Barat.

SOKSINEWS.COM, Google Indonesia'>Google Indonesia memperbanyak jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Nusa Tenggara Barat untuk mengikuti program Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat (Gapura) Digital, yakni pelatihan gratis untuk bisa memaksimalkan potensi pemasaraan produk melalui digital atau dunia maya.

Head of Corporate Communications, Google Indonesia'>Google Indonesia, Jason Tedjasukmana, di Mataram, Senin, menyebutkan jumlah pelaku UMKM di NTB'>UMKM di NTB yang sudah mengikuti program Gapura Digital sejak Februari 2019, sebanyak 2.500 orang (bukan 7.500 UMKM seperti berita sebelum). Jumlah tersebut akan terus bertambah karena program masih terus berjalan dan peminatnya relatif banyak.

"Kami terus memberikan kesempatan kepada UMKM NTB untuk bergabung. Tidak ada batasan dan kriteria. Semua boleh ikut, tinggal mendaftar melalui https://gapuradigital.withgoogle.com. Tidak ada biaya apa pun," ujarnya.

Pada Sabtu (29/9), Google Indonesia'>Google Indonesia mengadakan kelas "WomenWill"  dan pelatihan Gapura Digital yang diikuti sebanyak 80 pelaku UMKM dari kalangan kaum perempuan di NTB.

Jason menjelaskan tujuan program Gapura Digital tersebut untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM tentang manfaat memasarkan produk secara digital.

Menurut dia, UMKM sangat penting buat perekonomian Indonesia. Ada lebih dari 56 juta UMKM, namun banyak belum merasa percaya diri dengan teknologi. Oleh sebab itu, Google sebagai perusahaan teknologi berpengalaman dan memiliki sumber daya manusia ingin membantu supaya orang merasa tidak ketinggalan teknologi.

"Ada banyak yang bisa kami bantu. Kami menggelar program Gapura Digital tersebut pertama kali di Indonesia. Dan sesuai dengan karakter dan budaya orang Indonesia yang suka belajar bersama dalam satu kelompok. itu penting sekali karena masa depan memang digital di mana-mana," katanya.

Secara keseluruhan, kata dia, jumlah pelaku UMKM yang sudah ikut program Gapura Digital lebih dari satu juta orang sejak program tersebut dimulai di Indonesia pada 2016. Seluruhnya tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Semarang, Makassar, Denpasar, dan Kota Mataram.

Jason menambahkan hasil evaluasi yang dilakukan terhadap para UMKM yang sudah mengikuti pelatihan, yakni rata-rata percaya diri mereka menjadi meningkat, khususnya kaum perempuan untuk berani meningkatkan kinerja usahanya secara digital.

"Pokoknya dari segi kepercayaan diri, misalnya peserta 'womenwill class', sebesar 98 persen lebih percaya diri setelah ikut kursus, dan pelanggan bisnis, artinya orang yang mengunjugi website, datang ke toko atau menelpon sudah meningkat," ucap Jason.

Salah satu pelaku UMKM di Pulau Lombok yang merasakan manfaat setelah ikut pelatihan Google Indonesia'>Google Indonesia melalui program Gapura Digital, adalah Laely, pemilik rumah penginapan Rinjani Garden, di Sembalun yang terletak di kaki Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur.

Laely memutuskan untuk melakukan perombakan di manajemen untuk membangkitkan usahanya yang sempat terpuruk akibat rentetan gempa bumi pada 29 Juli dan sepanjang Agustus 2018.

Laely juga memutuskan untuk menggunakan Google Bisnisku dengan memanfaatkan fitur-fitur Google Bisnisku. Usahanya tersebut membuahkan hasil, di mana banyak konsumen baru yang datang ke tempatnya.

"Ada peningkatan omzet sebesar 40 persen. Beberapa pelanggan yang saya temui berkata bahwa lokasi Rinjani Garden diketahui melalui penelusuran Google," ujarnya.[]

Berita Lainnya

Sri Mulyani Sebut Devisit APBD 2019 RP353 Triliun

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Januari . . .

Ekonomi Selasa, 07 Januari 2020

Banjir Kembali Landa Solok Selatan, 9 Rumah Hanyut Tersapu Air

SOKSINEWS.COM, Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 9 rumah hanyut, sejumlah jembatan ambruk . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Presdir BCA: Kepercayaan Masyarakat Berawal Dari Perusahaan Solid

SOKSINEWS.COM, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, di tengah perkembangan teknologi . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019