Rabu, 20 Juni 2018 -

 

 

Ade Komarudin; Dari Kampung Benteng Menjadi Benteng Kejayaan Golkar

Sosok  -  Senin, 21 Maret 2016, 13:49 WIB
Penulis.

Ade Komarudin saat menyampaikan Ikrar di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta

Tanah Pasundan yang subur tepatnya di Kampung Benteng Purwakarta 20 Mei 1965 lahir seorang anak laki-laki dari pasangan M. Thoha Mukhtar dan Nurhayati yang kini namanya mengguncang dunia perpolitikan di Indonesia dialah Dr. H. Ade Komarudin, MH yang lebih dikenal dengan sebutan Akom.

Politikus senior yang telah menjabat sebagai anggota DPR RI selama lima periode berturut-turut sejak tahun 1997 hingga kini, dibawah naungan partai yang ia cintainya yakni Partai Golkar. Partai yang dengan setia ia ikuti dan geluti karena adanya persamaan ideologi dalam dirinya.

Memulai karir politiknya dari bawah sebagai aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) saat menempuh pendidikan S1 di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah lulus Ade Komarudin, kemudian aktif di organisasi kemasyarakatan pemuda dibawah naungan Golkar dengan menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal di dua organisasi kepemudaan yang berbeda, yakni Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sejak tahun 1993 hingga tahun 1998.

Bagi Ade Komarudin menjadi Politikus tanpa didasari ilmu pengetahuan yang matang adalah ibarat bangunan tak berfondasi, untuk itu disela-sela kesibukannya menjadi anggota dewan diapun menimba ilmu pada jenjang S2 di Universitas Padjadjaran Fakultas Hukum Tahun 2007 dengan kelulusan yang memuaskan yakni Summa cum laude, bahkan tidak puas sampai disitu bagi pria hobi membaca ini gelar doktor pun diraihnya dengan lulusan terbaik di Universitas yang sama pada tahun 2012.

Tahun 2010, merupakan langkah besar Ade Komarudin di karir politiknya ia dengan visi dan misinya maju turut serta dalam bursa pemilihan ketua umum Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia atau SOKSI. Salah satu organisasi terbesar di Indonesia yang juga merupakan organisasi yang membidani lahirnya Partai Golkar.

Dengan modal kematangan politik dan gagasan-gasannya untuk kemajuan SOKSI ia mendapat banyak dukungan kuat dari sejumlah pengurus SOKSI di daerah dan juga sejumlah tokoh Partai Golkar.

Sehingga Ade pun terpilih menjadi ketua UMUM Dewan Pimpinan Nasional SOKSI, dan dibawah kepemimpinanya jugalah SOKSI semakin berkibar dan berkiprah banyak dalam demokrasi di Indonesia. Sehingga Ade Komarudinpun didaulat kembali menjadi Ketua UMUM Dewan Pimpinan Nasional SOKSI hingga sekarang.

Pada pemilu legislatif 2014 lalu, selain terpilih kembali menjadi anggota DPR Ade Komarudin dipercayakan juga menjadi Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI periode 2014-2019 selain posisi pentingnya sebagai wakil ketua umum DPP Partai Golkar.

Kiprahnya menjadi anggota parlemen digelutinya dengan sungguh-sungguh dan pengabdian sebagai wakil dan pelayan rakyat, dia terkenal berani akan hal-hal yang menurutnya prinsipnya benar sehingga diapun dijuluki KOBOY SENAYAN, bahkan Ade Komarudin pernah terpilih menjadi satu dari 10 anggota DPR terbaik menurut wartawan.

Dan saat terjadi dinamika poltik di parlemen baru-baru ini, Ade Komarudin ditunjuk menjadi ketua DPR RI menggantikan Drs. Setia Novanto Ak, melihat karir politiknya yang panjang dan lama, tidak ada keraguan sedikitpun Partai Golkar untuk tidak memberi kesempatan dan kepercayaan kepadaputra kampung Benteng ini untuk membawa DPR ke arah yang lebih baik.

Partai Golkar ibarat Kampung Benteng bagi Ade Komarudin dimana di tempat itu ia merasa dilahirkan, dibesarkan dan tempat mewujudkan cita-cita politiknya, Sehingga waktu, tenaga, dan fikiran ia tuangkan sepenuhnya untuk Partai yang dicintainya ini.

Terbilang telah banyak sepak terjang dan prestasi Ade Komarudin bersama Partai Golkar mulai menjadi Ketua Pokja Politik ditahun 2003 hingga 2004, menjadi Ketua Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup di tahun 2009 hingga 2011, dan Ketua Pemenangan Pemilu daerah Jawa Barat, Jakarta dan Banten dari tahun 2011 sampai saat ini.

Hasilnyapun cukup memuaskan dimana Partai Golkar memperoleh hasil perolehan suara cukup gemilang, Jadi boleh dikatakan keberadaan Ade Komarudin sangat memegang posisi strategis dan menjadi kunci kesuksesan pemilu partai Golkar di ketiga daerah tersebut.

Kini pada saat Partai Golkar memanggil membutuhkan para kadernya untuk membenahi Partai Idiologi terbesar di Indonesia ini dari cobaan politik, Ade Komarudin dengan rasa keperdulian dan kecintaannya pada Partai Golkar didukung background akademis, pengalaman karir politik yang matang, dan Cita-cita mengembalikan kejayaan Partai Golkar di kancah poltik Indonesia siap mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar, dengan filosofi Menghormati yang tua mengayomi yang muda dan merangkul semua potensi kader Partai Golkar yang ada. ***

(Disadur dari Suarakarya.id)

Ade Komarudin

 

 

Baca Juga