Jumat, 22 November 2019

 

 

Ekonomi UMKM

Dekranasda Tingkatkan Keterampilan Pelaku Usaha Kecil

Abu
Rabu, 02 Oktober 2019 10:39 WIB

Dekranasda Tingkatkan Keterampilan Pelaku Usaha Kecil
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

SOKSINEWS.COM, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, memberikan pelatihan kepada pelaku usaha kecil dalam upaya pembinaan dan pengembangan keterampilan pelaku usaha, baik pemula maupun yang sudah lama berkecimpung,

Ketua Dekranasda Serdang Bedagai Marliah Soekirman di Perbaungan, mengatakan, pelatihan yang digelar selam empat hari tersebut pihaknya memilih empat materi yakni produk kerajinan sulaman, batik, desain fashion dan anyaman pandan terawang. Rabu, (02/10/19).

"Dipilihnya empat materi tersebut karena produk hasil kerajinan masih sangat besar peluangnya di pasaran," katanya.

Ia menyebutkan produk sulaman tidak hanya terbatas pada produk konveksi saja, namun sudah merambah ke bahan lain sebagai media, bahkan yang tergolong unik seperti misalnya tutup galon air mineral.

Batik sebagai produk juga tetap memiliki pangsa pasar yang tinggi mengingat batik kini sudah menjadi pakaian resmi banyak instansi, baik swasta maupun negeri.

Sedangkan untuk produk desain fasyen, saat ini juga sudah merambah ke berbagai daerah di Sumatera Utara yang dibuktikan dengan seringnya penyelenggaraan lomba desain fasyen yang mendapat atensi cukup baik dari masyarakat.

Demikian juga dengan produk anyaman pandan terawang yang saat ini juga sudah semakin banyak diminati, baik di pasar lokal maupun luar daerah.

"Dekranasda sebagai organisasi nirlaba selalu siap untuk maju ke depan dalam upaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan daerah," katanya.

Ia mengatakan Dekranasda sangat peduli terhadap kondisi situasi global yang tentu banyak mempengaruhi kondisi pasar, konsumen dan produk sehingga dibutuhkan metode yang dapat menyesuaikan dengan situasi yang berkembang.

"Salah satu yang sudah dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama pelatihan marketing daring (online) dengan menggandeng PT. Shopee Indonesia beberapa waktu yang lalu dan kini produk kerajinan daerah itu sudah banyak dipasarkan melalui pemasaran daring," katanya.[]

Berita Lainnya

OJK: Indeks Literasi Keuangan Di Sulsel Meningkat

SOKSINEWS.COM, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Region 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) Zulmi melansir bahwa dari hasil survei . . .

Ekonomi Kamis, 21 November 2019

62.345 Keluarga Terima Bantuan Pangan Non-Tunai Di Boyolali

SOKSINEWS.COM, Sebanyak 62.345 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Boyolali menerima bantuan . . .

Ekonomi Kamis, 21 November 2019

Kemendag Sebut Harga Kebutuhan Pokok Di Kupang Stabil

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perdagangan menilai harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur secara umum . . .

Ekonomi Kamis, 21 November 2019

PUPR Masih Menyakini Konektivitas Dorong Investasi

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR masih meyakini konektivitas yang baik akan mendorong . . .

Ekonomi Kamis, 21 November 2019

65 Persen Pasar Indonesia Terbuka Saat Bergabung Dalam RCEP

SOKSINEWS.COM, Pasar Indonesia akan terbuka hingga 65 persen terhadap para negara mitra saat awal implementasi perjanjian perdagangan . . .

Ekonomi Rabu, 20 November 2019