Senin, 20 Januari 2020

 

 

Nasional Daerah

Distan Kalbar: TNI Miliki Andil Dalam Mensukseskan Upsus Pajale

Abu
Kamis, 03 Oktober 2019 10:36 WIB

Distan Kalbar: TNI Miliki Andil Dalam Mensukseskan Upsus Pajale
Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar, Heronimis Hero.

SOKSINEWS.COM, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar, Heronimis Hero mengatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mempunyai andil besar dalam menyukseskan Program Upaya Khusus (Upsus) Pengembangan Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) di Indonesia termasuk di Kalbar.

"Keberhasilan program upsus dalam peningkatan produksi pajale di Indonesia termasuk di Kalbar selama ini tidak terlepas dari dukungan TNI," ujar Hero di Pontianak, Kamis, (03/10/19).

Hero menjelaskan bentuk dukungan TNI terutama dalam menggerakkan dan memotivasi masyarakat agar meningkatkan luas tambah tanam (LTT)

"Pola garis komando yang diterapkan TNI sangat efektif mendampingi Program Upsus Pajale mulai dari Panglima TNI sampai Babinsa di tingkat lapangan yang berkoordinasi dengan Petugas Pertanian (PPL) dalam mendampingi kelompok tani dan pengusaha tani untuk meningkatkan pertanaman Pajale," kata dia.

Dengan pendampingan dari pihak TNI yang terlibat langsung di tengah masyarakat tentu juga ikut memajukan pertanian di Kalbar secara umum.

"Semoga sinergi dan kiprah TNI dalam kemajuan pertanian di Kalbar terus berlanjut dalam meningkatkan produksi terutama untuk Program Upsus Pajale. Selamat ulang Tahun ke-74 TNI, jaya selalu untuk negeri dan bangsa ini," ucap dia.

Terkait upsus di Kalbar sendiri pihaknya terus memaksimalkan sebagaimana target yang ditentukan Kementerian Pertanian.

"Kami terus memaksimalkan Upsus Pajale di Kalbar dengan berbagai strategi atau langkah. Hal itu menjadi tugas bersama kita dan melibatkan berbagai pihak mulai dari tim Upsus pusat, provinsi dan kabupaten," kata dia.

Ia menyebutkan dari tiga jenis komoditas tanaman pangan tersebut, memang padi yang menjadi fokus utama. Menurut dia,
target dari Kementerian Pertanian untuk produksi padi di Kalbar pada 2019 sebanyak 1,6 juta ton.

"Sedangkan untuk target produksi tanaman jagung pada 2019 ini sebanyak 338 ribu ton dan kedelai 6 ribu ton," kata dia.[]

Berita Lainnya

Omnibus Law Keamanan Laut, Mahfud MD: Bertambah Jadi 24 UU

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan hasil pemetaan regulasi yang harus . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Korban Kejahatan Seksual Pejabat Buton Utara Dapat Bantuan Psikolog

SOKSINEWS.COM, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Menko Polhukam Gelar Rapat Soal Pengamanan Laut

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar rapat khusus terkait pengamanan wilayah . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

PPP Dukung Pansus Jiwasraya

SOKSINEWS.COM, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Arsul Sani yang juga Wakil Ketua MPR mengatakan partainya . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Polri: Ada 56 Pertanyaan Diajukan Penyidik Pada Novel

SOKSINEWS.COM, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020