Sabtu, 07 Desember 2019

 

 

Hiburan Seni Budaya

Dewan Kesenian Surabaya Gelar Lomba Cerpen Nasional

Abu
Minggu, 06 Oktober 2019 21:11 WIB

Dewan Kesenian Surabaya Gelar Lomba Cerpen Nasional
Ketua Umum DKS Chrisman Hadi.

SOKSINEWS.COM,  Dewan Kesenian Surabaya (DKS) melalui program Majelis Sastra Urban menggelar lomba menulis cerita pendek (cerpen) tingkat nasional berhadiah total Rp20 juta.

Ketua Umum DKS Chrisman Hadi, dalam keterangan persnya di Surabaya, Minggu (6/10/19) mengatakan, penerimaan naskah lomba dimulai awal Oktober 2019 hingga 10 November 2019, dengan ketua juri lomba begawan cerpen nasional Budi Darma.

"Anggota juri terdiri dari Mashuri, staf ahli Balai Bahasa Jawa Timur yang pernah menjuarai Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta, serta Bramantio, dosen Universitas Airlangga yang pernah memenangi lomba kritik sastra Dewan Kesenian Jakarta," ujarnya kepada wartawan di Surabaya.

Chrisman memastikan 16 karya terbaik nantinya akan dibukukan dan dijadwalkan diluncurkan tanggal 15 Desember 2019, bersamaan dengan pengumuman pemenang lomba.

Dia menandaskan, melalui lomba ini, DKS berharap bisa memacu penulis-penulis berbakat untuk menghasilkan karya cerpen yang bermutu.

"Tema lomba adalah 'Urbanhype'. Kita ingin menemukan teks-teks sastra masa depan. Sekaligus mewadahi geliat sastra milenial. Termasuk pula mewadahi jejaring sastra Surabaya dan nasional," ujarnya.

Ketua Panitia Lomba Cerpen DKS Ribut Wijoto menjelaskan pemilihan tema Urbanhype dinilai representatif dengan hal-hal yang akrab dan bersifat kekinian.

"Urbanhype ini gabungan kata urban dan hype yang menawarkan interpretasi luas dan segar untuk penulisan teks sastra khususnya cerpen," katanya, menjelaskan.

Sekretaris sekaligus salah satu konseptor Lomba Cerpen DKS, Nanda A Rahmah, menambahkan bahwa urbanhype sangat melekat pada generasi milenial.

"Generasi di atas mereka, mungkin juga termasuk saya, akan menemukan hambatan untuk menjawabnya dengan sudut pandang yang persis sama. Karena itu tema ini sangat jelas segmentasi dan visinya, yaitu generasi 4.0. Merekalah subjek urban hari ini, pemegang label-label hype itu," ujarnya.[]

Berita Lainnya

Pengawasan Kawasan Taman Nasional Komodo Gunakan Teknologi Digital

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Nusa Tenggara Timur akan menggunakan aplikasi teknologi digital untuk memantau seluruh aktifitas baik . . .

Hiburan Kamis, 05 Desember 2019

Toraya Mangkasara Raih Juara Tari Dunia

SOKSINEWS.COM, Perwakilan Indonesia asal Makassar, Sulawesi Selatan berhasil meraih juara kedua dalam ajang kompetisi tari . . .

Hiburan Rabu, 06 November 2019

BPS: Wisatawan Asing Yang Berkunjung Ke Sumbar Turun 25,90 Persen

SOKSINEWS.COM, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada September 2019 . . .

Hiburan Minggu, 03 November 2019

Pagelaran "Fesyar" 2019 Didorong Intensifkan QRIS Di Rumah Ibadah

SOKSINEWS.COM, Pagelaran Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2019 di Jawa Timur yang diadakan 6-9 November di Grand City Convention . . .

Hiburan Jumat, 01 November 2019

Cinta Laura Sempat Canggung Berakting Dengan Herjunot Ali

SOKSINEWS.COM, Cinta Laura yang merupakan salah satu pemeran utama film "Jeritan Malam" mengaku sempat canggung ketika . . .

Hiburan Selasa, 29 Oktober 2019