Sabtu, 07 Desember 2019

 

 

Hiburan Seni Budaya

PKK Dorong Adanya Kampung Dongeng di Banjarmasin

Abu
Minggu, 06 Oktober 2019 21:15 WIB

PKK Dorong Adanya Kampung Dongeng di Banjarmasin
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah.

SOKSINEWS.COM, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah menyatakan, pihaknya mendorong kotanya memiliki kampung dongeng.

"Jadi gerakan mendongeng untuk pendidikan keluarga yang sudah kita gaungkan ini harus dibuat bentuk nyatanya, dengan adanya kampung dongeng," ujarnya di Banjarmasin, Minggu (6/10/19).

Sebab, sebagai ibukota yang sudah berusia sangat tua, yakni, 493 tahun tepatnya sekarang ini, harus menjadi contoh daerah lain akan kelestarian budaya mendongeng pada masa lalu tersebut.

"Ibaratnya meski daerah kita ini sudah mengalami kemaju dan moderen, tapi mendongeng jangan sampai dilupakan bagi anak-anak kita," ujarnya.

Dia menyatakan, Banjarmasin merupakan kota yang bersejarah, banyak cerita-cerita yang menarik dan mendidik perlu diketahui generasi masa kini, sehingga terus abadi dari masa ke masa.

"Termasuk juga cerita-cerita sejarah kerajaan nusantara, maupun cerita lainnya yang mengandung pendidikan harus didongengkan orangtua ke anak-anaknya," ambah Siti Wasilah.

Secara pribadi, istri Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina ini menyatakan sangat konsen untuk mewujudkan mendongeng makin memasyarakatkan di daerah ini, termasuk mewujudkan kampung dongeng tersebut.

Sebagaimana yang sudah dilakukan pihaknya melestarikan kuliner daerah, yakni, nasi astakona pada tahun lalu, dimana resepnya dan sejarahnya juga sudah dibukukan.

Bahkan kuliner dari kerajaan Banjar ini juga sudah dikuatkan dengan SK wali kota sebagai sajian kuliner utama dipercayakan besar daerah.

"Termasuk kita gagas juga kuliner khas Banjar yang harus selalu ada pada perayaan itu, kue kararaban, ipau dan katal," ungkapnya.

Adapula kuliner yang selalu dilestarikan pihaknya itu untuk ditampilkan, yakni, kue 41 macam khas Banjar.

"Salah satu program prioritas kita di PKK, adalah mengangkat kembali kebudayaan daerah agar terus lestari," sebutnya.[]

Berita Lainnya

Pengawasan Kawasan Taman Nasional Komodo Gunakan Teknologi Digital

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Nusa Tenggara Timur akan menggunakan aplikasi teknologi digital untuk memantau seluruh aktifitas baik . . .

Hiburan Kamis, 05 Desember 2019

Toraya Mangkasara Raih Juara Tari Dunia

SOKSINEWS.COM, Perwakilan Indonesia asal Makassar, Sulawesi Selatan berhasil meraih juara kedua dalam ajang kompetisi tari . . .

Hiburan Rabu, 06 November 2019

BPS: Wisatawan Asing Yang Berkunjung Ke Sumbar Turun 25,90 Persen

SOKSINEWS.COM, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu pada September 2019 . . .

Hiburan Minggu, 03 November 2019

Pagelaran "Fesyar" 2019 Didorong Intensifkan QRIS Di Rumah Ibadah

SOKSINEWS.COM, Pagelaran Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2019 di Jawa Timur yang diadakan 6-9 November di Grand City Convention . . .

Hiburan Jumat, 01 November 2019

Cinta Laura Sempat Canggung Berakting Dengan Herjunot Ali

SOKSINEWS.COM, Cinta Laura yang merupakan salah satu pemeran utama film "Jeritan Malam" mengaku sempat canggung ketika . . .

Hiburan Selasa, 29 Oktober 2019