Kamis, 12 Desember 2019

 

 

Nasional Daerah

Gubernur Lampung Nilai Keberadaan Intera Jadi Pusat Pertumbuhan Baru Bagi Daerah

Abubakar
Selasa, 08 Oktober 2019 10:14 WIB

Gubernur Lampung Nilai Keberadaan Intera Jadi Pusat Pertumbuhan Baru Bagi Daerah
Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjadi sebuah pusat pertumbuhan baru bagi daerah.

SOKSINEWS.COM, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menilai keberadaan Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjadi sebuah pusat pertumbuhan baru bagi daerah.

"Sebab, ltera langsung terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Sumatera dan jalan nasional lintas Sumatera," kata Arinal, di Bandarlampung, Selasa, (08/10/19).

Selain itu, lanjut dia, ltera telah mengisi kebutuhan adanya pendidikan tinggi khusus bidang keteknikan, yang akan meningkatkan daya saing daerah dan kualitas sumber daya manusia.

Menurut dia, kondisi dan potensi sumber daya alam Provinsi Lampung juga sangat mendukung untuk dapat memfasilitasi proses belajar, penelitian, dan pengembangan ltera.

Terutama untuk program studi ilmu-ilmu sains dasar, teknologi kemaritiman, teknologi kebumian, rekayasa transportasi intermoda, teknologi agro industri.

Arianl menjelaskan, ltera sebagai perguruan tinggi negeri kebanggaan masyarakat Lampung akan masuk ke level global.

"Semoga ltera akan terus melakukan evaluasi dan introspeksi guna kemajuan di masa datang, memberikan kontribusi sebesar-besarnya untuk pembangunan daerah dan nasional," harap Gubernur Arinal.

Sementara itu, Rektor ltera, Ofyar Z. Tamin, menjelaskan pendirian ltera lahir atas dasar kebutuhan tenaga enginer berkualitas di Indonesia.

Pada tahun 2011 lalu. Pemerintah Republik lndonesia melakukan kajian pendidikan dan pembangunan. Salah satu hasil kajiannya menyebutkan bahwa jumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia berbentuk institut yang fokus pada bidang teknik dan natural sains masih sangat sedikit dibandingkan bidang lainnya.

Hasil kajian tersebut, lanjut dia, oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang kala itu dijabat Mohammad Nuh dilaporkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang kemudian memutuskan membangun institut teknologi baru di beberapa daerah dengan bantuan lnstitut Teknologi Negeri yang telah ada yaitu ITB dan ITS.

Ia menjelaskan, untuk wilayah barat. pemerintah memastikan pembangunan dilakukan di Pulau Sumatera dengan pembinaan ITB. Di wilayah tengah dan timur, pembangunan diputuskan di Balikpapan, Kallmantan Timur, dengan pembinaan ITS.

Selama enam tahun terakhir, jelas Ofyar, ltera telah dan sedang melaksanakan percepatan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana untuk menjamin terselenggaranya dengan baik kegiatan perkuliahan dan pelayanan administrasi.

"Sejak 2013 hingga saat ini, pembangunan gedung serta sarana prasarana sebanyak 34 unit terdiri dari 5 gedung perkuliahan, 4 asrama mahasiswa, 1 wisma, 6 embung, dan 18 unit sarana prasarana lainnya.

Saat ini ltera memiliki tiga jurusan yaitu jurusan sains (9 program studi), jurusan teknologi infrastruktur dan Kewilayahan (9 program studi), serta jurusan teknologi produksi dan industri (17 program studi)[]

Berita Lainnya

Warga Gusuran Rumah Deret Tamansari: Aksi Satpol PP Ilegal!

SOKSINEWS.COM, Sejumlah warga menolak eksekusi lahan untuk proyek rumah deret Tamansari, Kota Bandung. Warga menilai, eksekusi . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019

Anggap Dukungan Sebagai Utang, Gibran: Saya Ganti Dengan Kebijakan

SOKSINEWS.COM, Gibran Rakabuming Raka sudah resmi mendaftar sebagai calon wali kota Solo periode 2020-2025. Gibran mengucapkan . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019

Ketua MPR Dorong Pemerintah Akselerasi Pembangunan SDM

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah untuk segera mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM). . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019

Pengamat Prediksi Muktamar PPP Tidak Akan Terjadi Dualisme Kepemimpinan

SOKSINEWS.COM, Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno memprediksi Partai Persatuan Pembangunan tidak akan mengalami . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019

Bos KAI Prediksi Kenaikan Penumpang 4 Persen Selama Nataru

SOKSINEWS.COM, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru . . .

Nasional Kamis, 12 Desember 2019