Jumat, 22 November 2019

 

 

Ekonomi Bisnis & Keuangan

BI: Harga Tomat Harus Diwaspadai Jadi Pemicu Inflasi Di Manado

Abubakar
Selasa, 08 Oktober 2019 12:49 WIB

BI: Harga Tomat Harus Diwaspadai Jadi Pemicu Inflasi Di Manado
Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat di Manado.

SOKSINEWS.COM,  Bank Indonesia menilai pergerakan harga tomat sayur harus diwaspadai oleh seluruh pemangku terkait di Kota Manado, Sulut, terutama memasuki periode permintaan tinggi pada akhir 2019.

"Tomat sayur hampir setiap bulan menjadi pemicu inflasi atau deflasi di Kota Manado, sehingga perlu mendapat perhatian lebih lagi," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat di Manado, Selasa, (08/10/19).

Dia mengatakan Provinsi Sulawesi Utara mencatat deflasi sebesar 1,03 persen pada September 2019. Pemicu terbesar adalah turunnya harga komoditas tomat sayur.

"Perlu dirumuskan langkah-langkah dan strategi yang tepat, khususnya dalam menjaga ketersediaan stok dan kelancaran distribusi demi mendukung keterjangkauan harga di tengah potensi permintaan tinggi pada triwulan IV 2019,” jelasnya.

Memperhatikan perkembangan inflasi hingga September 2019, maka Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut optimistis tingkat inflasi Sulawesi Utara pada 2019 dapat dikendalikan dalam rentang sasaran inflasi nasional 3,5 ± 1 persen (yoy).

Pergerakan harga tomat sayur yang mengalami deflasi selama tiga bulan berturut-turut pada Februari-April 2019 kembali terjadi pada periode Juli-September 2019.

“Mengambil pelajaran pada perkembangan harga pada bulan Mei dan Juni 2019, dapat dilihat adanya potensi pembalikan harga (price reversal) tomat sayur pada bulan Oktober-Desember 2019 yang merupakan periode permintaan tinggi terhadap tomat,” paparnya.

Potensi pembalikan tersebut juga terlihat dari pantauan di lapangan yang menunjukkan berkurangnya insentif petani untuk panen tomat karena harga komoditas tersebut saat ini sudah mencapai titik terendahnya.[]

Berita Lainnya

OJK: Indeks Literasi Keuangan Di Sulsel Meningkat

SOKSINEWS.COM, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Region 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) Zulmi melansir bahwa dari hasil survei . . .

Ekonomi Kamis, 21 November 2019

62.345 Keluarga Terima Bantuan Pangan Non-Tunai Di Boyolali

SOKSINEWS.COM, Sebanyak 62.345 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Boyolali menerima bantuan . . .

Ekonomi Kamis, 21 November 2019

Kemendag Sebut Harga Kebutuhan Pokok Di Kupang Stabil

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perdagangan menilai harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur secara umum . . .

Ekonomi Kamis, 21 November 2019

PUPR Masih Menyakini Konektivitas Dorong Investasi

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR masih meyakini konektivitas yang baik akan mendorong . . .

Ekonomi Kamis, 21 November 2019

65 Persen Pasar Indonesia Terbuka Saat Bergabung Dalam RCEP

SOKSINEWS.COM, Pasar Indonesia akan terbuka hingga 65 persen terhadap para negara mitra saat awal implementasi perjanjian perdagangan . . .

Ekonomi Rabu, 20 November 2019