Selasa, 12 November 2019

 

 

Ekonomi Bisnis & Keuangan

Pertamina Sebut Kelangkaan Premium di Sumba Barat Diakibatkan Ulah Pengecer

Ahmad Fiqi Purba
Kamis, 10 Oktober 2019 10:44 WIB

Pertamina Sebut Kelangkaan Premium di Sumba Barat Diakibatkan Ulah Pengecer
Branch Marketing Manager PT. Pertamina NTT, Mardian sedang memberikan penjelasan kepada wartawan. (ANTARA/Bernadus Tokan)

SOKSINEWS.COM, Branch Marketing Manager PT. Pertamina Nusa Tenggara Timur, Mardian menyebutkan, kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya, dalam beberapa hari terakhir ini disebabkan karena BBM diborong oleh pengecer.

"Di Sumba yang saya tahu tidak ada kelangkaan BBM, BBM jenis pertalite stok banyak. Cuma memang premium diborong sama pengecer," kata Mardian di Kupang, Kamis (10/10/19).

Persediaan bahan bakar minyak (BBM), terutama bensin dan solar di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya di Pulau Sumba, dilaporkan sangat langkah selama seminggu terakhir ini.

Akibatnya, harga ditingkat pengecer menembus angka Rp50 ribu per botol.

"Setahu kami tidak ada kelangkaan karena stok BBM cukup tersedia, tetapi yang terjadi saat ini karena premium diborong sama pengecer," ujarnya.

Dia mengemukakan, pihaknya sudah menyampaikan kepada pemerintah daerah dan aparat untuk menindak oknum pengecer yang memborong premium.

Reggi Senjang Paramagarjita, Sales Branch Manager Rayon I Nusa Tenggara Timur secara terpisah mengatakan, laporan yang diterima dari SPBU di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya berbeda.

"Kalau untuk Sumba, informasi yang kami terima berbeda lagi dari SPBU. Disana, khususnya di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya setiap bulan Oktober-Desember meningkat penyalurannya," lanjutnya.

Kondisi tersebut kata Mardian dimanfaatkan oleh para oknum pengecer BBM untuk berkeliling ke SPBU, menyebabkan SPBU lebih cepat habis stock (khusus Premium), sehingga masyarakat terpaksa membeli di pengecer.

"Para pemilik SPBU sudah mencoba berkoordinasi dengan aparat untuk dapat membantu penertibannya," katanya.[]

Berita Lainnya

Stok Bulog di NTT Capai 35.000 Ton

SOKSINEWS.COM, Perum Bulog Divisi Regional Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat hingga saat ini stok beras yang di sejumlah . . .

Ekonomi Selasa, 12 November 2019

BI: Nilai Ekonomi Syariah Indonesia Capai 80 Persen Dari PDB

SOKSINEWS.COM, Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengatakan nilai ekonomi Indonesia yang terkait dengan prinsip . . .

Ekonomi Selasa, 12 November 2019

Dahana Akan Bangun Pabrik Bahan Peledak Di Timor Leste

SOKSINEWS.COM, PT Dahana (Persero) akan membangun pabrik penghasil bahan peledak di Timor Leste pada tahun 2020 mendatang. Presiden . . .

Ekonomi Selasa, 12 November 2019

Bank Kalsel Cabang Kotabaru Diharapkan Tingkatkan Kinerja

SOKSINEWS.COM, Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan yang juga membidangi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) . . .

Ekonomi Selasa, 12 November 2019

DPRD Kalsel Minta Tambah Dana Pembiayaan Perumahan

SOKSINEWS.COM, DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur yang juga membidangi . . .

Ekonomi Selasa, 12 November 2019