Kamis, 14 November 2019

 

 

Nasional Daerah

Warga Cianjur Diminta Segera Mengungsi Bila Melihat Tanda Bencana

Abubakar
Minggu, 13 Oktober 2019 15:53 WIB

Warga Cianjur Diminta Segera Mengungsi Bila Melihat Tanda Bencana
bencana longsor di cianjur

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengimbau warga di daerah rawan bencana untuk tetap waspada dan segera mengungsi ketika melihat tanda-tanda alam akan terjadinya bencana longsor atau banjir.

Imbauan tersebut disampaikan Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman saat memberikan bantuan dan meninjau lokasi bencana longsor di Kampung Cirawa, Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber, Minggu, (13/10/19).

Bantuan yang diberikan berupa logistik dan kebutuhan sehari-hari karena bencana membuat barang berharga milik korban tertimbun material longsor.

Pemkab Cianjur akan membahas  mulai penentuan lokasi dan perencanaan pembangunan lokasi relokasi korban longsor di Kampung Cirawa.

Warga diminta untuk tetap waspada dengan lingkungan sekitar, terutama yang tinggal di perbukitan atau dekat tebing karena peralihan dari musim kemarau ke musim hujan mulai terjadi dan rentan terjadi bencana alama.

"Curah hujan yang tinggi awal peralihan musim dapat berisiko terjadinya longsor atau pergerakan tanah. Musim kemarau yang panjang membuat tanah retak, ketika terjadi hujan deras dan air masuk pori-pori tanah mengakibatan tanah bergerak dan longsor," katanya.

Sekretaris BPBD Cianjur, Sugeng Supriyatno, mengatakan pihaknya akan menerjunkan tim dan mengoptimnalkan peran relawan untuk memantau setiap titik rawan bencana, sehingga ketika ada tanda-tanda akan terjadinya bencana, langsung memperingatkan warga untuk mengungsi.

"Kami belum dapat memastikan saat ini sudah mulai masuk peralihan musim atau sudah musim hujan karena status siaga bencana masih untuk kekeringan hingga akhir Oktober. BMKG belum mengeluarkan surat resmi, namun kewaspadaan tetap ditingkatkan," katanya.[]

Berita Lainnya

Wakil Wali Kota Kupang Dorong Dharma Wanita Lebih Kreatif

SOKSINEWS.COM, Wakil Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Hermanus Man mendorong para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

Polres Buleleng Tingkatkan Pemeriksaan Tamu Mako Pasca-Bom Medan

SOKSINEWS.COM, Jajaran Polres Buleleng meningkatkan pemeriksaan tamu yang mendatangi markas komando kepolisian pascaledakan bom . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

Kemenag Lebak Tingkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Bintek

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Banten, meningkatkan kompetensi kepala sekolah melalui pelatihan bimbingan teknis . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

Gubernur Sebut Wisatawan Tak Berduit Dilarang Ke NTT

SOKSINEWS.COM, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B Laiskodat mengatakan bahwa wisatawan yang tak berduit atau bukan termasuk . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

DPR Tinjau Seleksi Calon Hakim Agung

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus mengapresiasi kunjungan Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin yang meninjau . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019