Jumat, 22 November 2019

 

 

Nasional Hukum

MUI Bangka Perkuat Sinergitas Dengan Kepolisian Cegah Paham Radikalisme

Abubakar
Senin, 14 Oktober 2019 11:48 WIB

MUI Bangka Perkuat Sinergitas Dengan Kepolisian Cegah Paham Radikalisme
Ketua MUI Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri.

SOKSINEWS.COM,  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat sinergitas dengan Kepolisian di wilayah itu guna mencegah paham radikalisme.

Penguatan sinergitas antara MUI dengan Kepolisan resos (Polres), menurut Ketua MUI Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri di Sungailiat, dipandang penting untuk dilakukan sebagai upaya pencegahan dini paham radikalisme maupun tindak pelanggaran hukum oleh suatu kelompok tertentu dengan memaksimalkan pembinaan umat. Senin, (14/10/19).

"Pembinaan umat yang kami lakukan bersama dengan Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono dengan cara menggelar kegiatan rutin setiap Kamis malam, bersilatuhrami ke masjid-masjid untuk berdialog dengan jamaah di masjid," jelasnya.

Kegiatan seperti itu kata dia, dianggap strategis karena dapat langsung bertatap muka dengan masyarakat atau jamaah di masjid membahas segala sesuatu persoalan yang terjadi atau bahkan jika akan terjadi.

"Meskipun sampai saat ini kami tidak menemukan pemahaman radikalisme di kelompok masyarakat, namun tetap harus kita waspadai dengan dilakukan pencegahan sedini mungkin," katanya.

Pencegahan paham radikalisme yang dapat masuk di lingkungan masyarakat kapan saja, kata Syaiful Zohri menjadi perhatian serius dan ditangani secara bersama-sama termasuk para ulama yang memiliki peranan besar.

"Saya mendorong para ulama untuk turut memberikan pembinaan atau pemahaman larangan tindak kejahatan radikalisme kepada umat baik melalui kegiatan di pengajian maupun di mimbar Jumat," ujarnya.

Pihaknya optimis, pemahaman radikal dapat dicegah jika ditangani secara bersama-sama oleh para alim ulama, tokoh masyarakat serta pihak terkait lainnya.[]

Berita Lainnya

Pemkot Depok Beri Sanksi Penunggak Pajak PBB

SOKSINEWS.COM,  Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok menindak tegas Wajib Pajak (WP) yang tidak membayar Pajak Bumi dan . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

Wapres Ma'ruf Ziarah Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

SOKSINEWS.COM,  Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati saat kunjungan kerja ke Cirebon, . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

MPR Sebut 826 Pasangan Suami Istri Bercerai Akibat Pilkada Langsung

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, menyatakan pelakasanaan pilkada langsung di Indonesia menyebabkan 826 pasangan . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

KPK Panggil 11 Saksi Kasus RTH Pemkot Bandung

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil 11 saksi dalam penyidikan kasus suap terkait pengadaan tanah untuk . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

BBPOM Yogyakarta Musnahkan 125 Kilogram Obat Kedaluwarsa

SOKSINEWS.COM, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta melakukan pemusnahan terhadap obat-obatan yang telah rusak . . .

Nasional Kamis, 21 November 2019