Rabu, 29 Januari 2020

 

 

Ekonomi Infrastruktur

Kemenhub Jajaki Gandeng E-Commerce Untuk Optimalkan Peran Tol Laut

Abubakar
Rabu, 16 Oktober 2019 15:16 WIB

Kemenhub Jajaki Gandeng E-Commerce Untuk Optimalkan Peran Tol Laut
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan Sugihardjo.

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perhubungan akan menjajaki peluang kerja sama dengan e-commerce guna mengoptimalkan peran tol laut dalam menekan disparitas harga di sejumlah wilayah.

“Kita sedang berpikir ada beberapa e-commerce yang gratis ongkos kirim. Kalau kita bisa bekerja sama dengan e-commerce kan bisa memotong rantai pasok. Jadi bisa langsung,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan Sugihardjo dalam seminar bertajuk “Membangun Rantai Pasok Nasional Terintegrasi Berbasis Platform Logistik 4.0” di Jakarta, Rabu, (16/10/19).

Menurut Sugihardjo, subsidi transportasi melalui program tol laut diharapkan dapat menekan biaya logistik sehingga harga barang yang diterima konsumen akan menjadi lebih murah. Paling tidak, harga barang di wilayah timur dan barat bisa setara atau tidak berbeda jauh.

Ia menambahkan kerja sama dengan e-commerce diharapkan dapat membantu mengurangi biaya tambahan lainnya sehingga harga di tangan konsumen bisa lebih murah.

“Tapi ini masih kami jajaki. Tol laut kerja sama dengan e-commerce untuk memasukkan barang, misalnya, supaya harga di ‘end user’ bisa turun,” katanya.

Sugihardjo mengatakan program tol laut telah berhasil menekan disparitas harga meski di beberapa tempat penurunan harga tidak secara signifikan terjadi.

“Logikanya kalau biaya transportasi disubsidi, harga barang akan turun. Kalau tidak turun, berarti tidak dinikmati konsumen. Itu artinya ada pihak lain yang menikmati, mungkin pemilik barang atau lainnya,” katanya.

Pemerintah telah menggandeng BUMN untuk membangun gudang logistik Rumah Kita agar arus logistik bisa terpantau sehingga program tersebut bisa optimal.

Pada awal diimplementasikan 2015 lalu, program tol laut telah mengangkut 238 juta ton muatan dan meningkat hingga 279 juta ton muatan hingga 2018 lalu. Peningkatan muatan dengan adanya penambahan jumlah kapal dan rute.[]

Berita Lainnya

Sri Mulyani Sebut Devisit APBD 2019 RP353 Triliun

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Januari . . .

Ekonomi Selasa, 07 Januari 2020

Banjir Kembali Landa Solok Selatan, 9 Rumah Hanyut Tersapu Air

SOKSINEWS.COM, Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 9 rumah hanyut, sejumlah jembatan ambruk . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Presdir BCA: Kepercayaan Masyarakat Berawal Dari Perusahaan Solid

SOKSINEWS.COM, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, di tengah perkembangan teknologi . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019