Selasa, 12 November 2019

 

 

Nasional Humaniora

Mendikbud: SDM Unggul Mulai Dari Guru

Abubakar
Kamis, 17 Oktober 2019 17:54 WIB

 Mendikbud: SDM Unggul Mulai Dari Guru
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy

SOKSINEWS.COM,  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan untuk mencapai sumber daya manusia (SDM) yang unggul dimulai dari pembenahan kinerja dan kualitas para guru.

"Kalau pemerintah periode kedua fokus pada pembangunan SDM, dalam konteks sekolah maka guru dulu yang harus dibenahi," ujar dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, (17/10/19).

Menurut dia, tidak mungkin bisa mencerdaskan kalau kinerja gurunya di bawah rata-rata.

Oleh karena itu, kata dia, yang harus dibenahi lebih dahulu adalah para guru, mulai dari sistem rekrutmen sampai dengan jenjang karir yang harus fokus pada guru.

Salah satu masalah yang harus diselesaikan dari guru, kata dia, di samping kualifikasi, kemampuan akademis, dan profesionalisme, adalah kesejahteraan guru.

"Jadi logikanya pembangunan SDM kaitannya dengan sekolah, ya dimulai dari guru. Guru supaya profesional maka salah satunya harus sejahtera dulu. Padahal di lapangan masih ada 800.000 guru honorer," kata dia.

Pembenahan guru, kata dia, tidak boleh ditangani secara serampangan namun harus didalami per zona. Setiap zonanya harus dipetakan kondisi guru yang ada dan guru apa saja yang dibutuhkan.

"Untuk guru ini misalnya, agar lebih efisien kita punya program multisubjek. Jadi guru tidak hanya mengajar satu mata pelajaran. Ini lebih efisien, karena satu guru mengajar satu mata pelajaran," kata dia.

Untuk kesejahteraan guru, pihaknya mengupayakan agar guru honorer bisa digaji dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Menurut dia, DAU masih cukup jika digunakan untuk menggaji guru honorer setara dengan Upah Minimum Regional (UMR).

"Guru honorer itu sebenarnya yang betul mengajar di sekolah, minimal beban kerja 24 jam tatap muka. Kalau di SD guru kelas. Oleh karena itu, nanti kalau sudah bisa digaji DAU, kita pastikan tidak boleh guru luar biasa seperti itu," kata dia.[]

Berita Lainnya

Menlu Retno Marsudi Pastikan Habib Rizieq Masih Pegang Paspor WNI

SOKSINEWS.COM, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi memastikan Habib Rizieq Shihab masih memegang . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Bulog Miliki Beras Fortifikasi Atasi Masalah Stunting

SOKSINEWS.COM, Perum Bulog Divisi Regional Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan bahwa saat ini perusahaan itu sudah menyediakan . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

KPK Hormati Putusan Hakim Tolak Praperadilan Imam Nahrawi

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati putusan Hakim Tunggal Elfian yang menolak seluruh permohonan . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Menteri PANRB Tunggu "Feedback" K/L Terkait Kajian Pemangkasan Eselon

SOKSINEWS.COM, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menunggu hasil kajian dari . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Polisi Tangkap Seorang Pria Tipu Gadis Muda

SOKSINEWS.COM, Petugas kepolisian di Mapolsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menangkap Kasmin (39), warga . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019