Selasa, 12 November 2019

 

 

Nasional Humaniora

Kemendikbud: Guru Harus Punya Peran Untuk Imbangi Kemajuan Teknologi

Abubakar
Jumat, 18 Oktober 2019 15:02 WIB

Kemendikbud: Guru Harus Punya Peran Untuk Imbangi Kemajuan Teknologi
Staf Ahli Mendikbud Bidang Inovasi dan Daya Saing Ananto Kusuma Seta usai mengisi acara Indonesia Education Forum 2019 di International Habibie Festival di Jakarta.

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan guru harus memiliki peran dalam mengarahkan murid menjadi pencipta teknologi, bukan pengguna, seiring dengan semakin besarnya keterlibatan teknologi di dalam sistem pendidikan.

"Banyak sekolah menggunakan teknologi, tetapi kualitas pembelajarannya sama saja. Nilai-nilainya sama saja," kata Staf Ahli Mendikbud Bidang Inovasi dan Daya Saing Ananto Kusuma Seta usai mengisi acara Indonesia Education Forum 2019 di International Habibie Festival di Jakarta, Jumat, (18/10/19). 

Ia mengatakan guru harus memiliki peran utama dalam proses belajar mengajar sehingga kehadiran teknologi tidak dijadikan sebagai andalan untuk mencapai tujuan pendidikan, tetapi memposisikannya hanya sebagai sarana.

"Menggunakan teknologi hanya untuk menggantikan buku saja. Dulunya ditulis di papan sekarang di tablet. Bukan itu. Seharusnya guru mengarahkan murid untuk menggunakan teknologi agar dapat membuat sesuatu," katanya.

Murid harus diarahkan agar tidak menggunakan teknologi secara berlebihan sehingga beralih dari fokus utamanya untuk belajar.

"Misalnya di dalam tablet ada games pendidikan, akhirnya dia sibuk main games pendidikan. Harusnya games itu untuk merangsang anak untuk membuat games baru. Jadi ada kreativitas di situ," katanya.

Teknologi harus dijadikan sebagai sarana agar murid bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk menghasilkan sesuatu yang inovatif dan kreatif, bukan sebaliknya menjadi terjebak pada aktivitas yang satu arah.

"Bukan dia menjadi user dari teknologi, tetapi menjadi kreator teknologi," ujarnya.[]

Berita Lainnya

Bulog Miliki Beras Fortifikasi Atasi Masalah Stunting

SOKSINEWS.COM, Perum Bulog Divisi Regional Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan bahwa saat ini perusahaan itu sudah menyediakan . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

KPK Hormati Putusan Hakim Tolak Praperadilan Imam Nahrawi

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati putusan Hakim Tunggal Elfian yang menolak seluruh permohonan . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Menteri PANRB Tunggu "Feedback" K/L Terkait Kajian Pemangkasan Eselon

SOKSINEWS.COM, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menunggu hasil kajian dari . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

Polisi Tangkap Seorang Pria Tipu Gadis Muda

SOKSINEWS.COM, Petugas kepolisian di Mapolsek Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menangkap Kasmin (39), warga . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019

DPRD Jabar Dorong UPTD BPPT Unggas Jatiwangi Berinovasi

SOKSINEWS.COM, Komisi I DPRD Jawa Barat (Jabar) mendorong UPTD BPPT Unggas Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, untuk terus melakukan . . .

Nasional Selasa, 12 November 2019