Senin, 11 November 2019

 

 

Nasional Daerah

PMI NTB Bentuk Relawan Sibat Di Desa Terdampar Bencana Gempa Bumi

Abubakar
Senin, 21 Oktober 2019 09:27 WIB

PMI NTB Bentuk Relawan Sibat Di Desa Terdampar Bencana Gempa Bumi
Palang Merah Indonesia (PMI) Nusa Tenggara Barat

SOKSINEWS.COM, Palang Merah Indonesia (PMI) Nusa Tenggara Barat melakukan pembentukan kelompok relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) di beberapa desa terdampak bencana gempa bumi beberapa waktu lalu.

"Relawan SIBAT tersebut dibentuk di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, Sumbawa Barat dan Sumbawa Besar," kata pendamping pengurangan risiko bencana (PRB) Pusat untuk NTB Abdul Majid melalui sambungan telepon, Senin, (21/10/19).

Menurutnya, setiap desa dipilih 24 orang untuk menjadi relawan Sibat. Relawan ini berasal dari tokoh masyarakat, pemuda dan lain sebagainya yang dalam melakukan aksinya didampingi enam orang Korps Sukarelawan (KSR) PMI setempat.

Adapun kegiatan yang dilakukan setelah pembentukan relawan Sibat ini adalah pelaksanaan Vulnerability Capacity Assesment (VCA) terkait metode baseline survey, pemetaan dan Participatori Rural Apracial (PRA) yang bertujuan untuk menganalisa kapasitas dan kerentanan yang ada di desa masing-masing selama lima hari untuk setiap desa.

Pelatihan Sibat dilakukan setelah menganalisa hasil VCA yang sudah dilaksanakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan sektoral PMI.

"Harapan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah adanya rencana untuk mengurangi risiko bencana dengan melibatkan masyarakat," tambahnya.

Majid mengatakan relawan Sibat ini akan menjadi garda terdepan di daerahnya masing-masing untuk membantu pemerintah, PMI dan unsur lainnya dalam pengurangan risiko bencana.

Apalagi seperti diketahui beberapa waktu lalu hampir seluruh wilayah di NTB diguncang gempa dengan kekuatan besar yang mengakibatkan kerusakan di mana-mana dan banyak jatuh korban jiwa.

Ia menilai keberadaan relawan Sibat ini dirasa penting, sehingga saat terjadi bencana bisa memberikan pertolongan pertama untuk meminimalkan dampak, baik itu kerugian harta maupun nyawa.

"Sebab relawan Sibat ini dipilih dari daerahnya masing-masing sehingga mengenal wilayah," katanya.[]

Berita Lainnya

Menhan Prabowo Optimis Indonesia Miliki Indhan Nasional Kuat

SOKSINEWS.COM, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sangat optimis Indonesia akan memiliki industri pertahanan (indhan) . . .

Nasional Senin, 11 November 2019

Kepala Daerah Tidak Perlu Berhenti Ketika Mencalonkan Diri

SOKSINEWS.COM,  Kepala daerah, yakni gubernur, bupati maupun wali kota tidak perlu berhenti ketika mencalonkan diri sebagai . . .

Nasional Senin, 11 November 2019

Gubernur Akui Malut Rawan Pencurian Ikan

SOKSINEWS.COM, Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba mengakui Malut masih sering terjadi kasus pencurian ikan yang diduga . . .

Nasional Senin, 11 November 2019

Polri: Tidak Ada Pengamanan Khusus Jelang Hut OPM

SOKSINEWS.COM, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal memastikan tidak ada pengamanan khusus jelang peringatan HUT Organisasi . . .

Nasional Senin, 11 November 2019

Jokowi Ingin Pemangkasan Eselon Dikaji Cermat

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo ingin agar reformasi birokrasi termasuk di dalamnya pemangkasan eselon dikaji secara cermat . . .

Nasional Senin, 11 November 2019