Jumat, 22 November 2019

 

 

Nasional Hukum

Pengamat; Setuju Penyederhanaan Jabatan Eselon

Abubakar
Senin, 21 Oktober 2019 12:04 WIB

Pengamat; Setuju Penyederhanaan Jabatan Eselon
Pengamat hukum tata negara Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. Johanes Tuba Helan

SOKSINEWS.COM, Pengamat hukum tata negara Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. Johanes Tuba Helan mengatakan, sangat setuju dengan rencana Presiden Jokowi untuk menyederhanakan jabatan eselon di pemerintahan.

Penyederhanaan jabatan eselon di pemerintahan ini memang perlu dilakukan mengingat, sebagian dari eselon di pemerintahan lebih banyak menganggur, dan hanya menikmati tunjangan jabatan, kata Johanes Tuba Helan kepada Antara di Kupang, Senin, (21/10/19).

Dia mengemukakan pandangan itu, berkaitan dengan rencana Presiden Joko Widodo untuk melakukan penyederhanaan jabatan eselon di pemerintahan.

Jokowi menyampaikan penyederhanaan eselon itu, dalam pidato pelantikannya sebagai presiden untuk jabatan periode kedua 2019-2014.

"Saya sangat setuju, karena eselon terlalu banyak dan sebagian menganggur, dan merima tunjangan jabatan percuma saja," kata mantan Kepala Ombudsman Perwakilan NTB-NTT itu.

Menurut dia, pemerintah sebaiknya memperbanyak jabatan fungsional pada jabatan-jabatan yang berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Seperti guru, perawat, penyuluh pertanian misalnya. Posisi inilah yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat, kata Tuba Helan.

Karena itu, penyederhanaan jabatan eselon di pemerintahan, tetapi memperbanyak jabatan fungsional pada posisi-posisi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat secara langsung, katanya menambahkan.[]

Berita Lainnya

Dewan Dakwah Pontianak Galang Dana Untuk Palestina

SOKSINEWS.COM,  Pengurus Dewan Dakwah Indonesia (DDI) Kota Pontianak berserta relawan turun ke jalan melakukan penggalangan . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

Pemkot Depok Beri Sanksi Penunggak Pajak PBB

SOKSINEWS.COM,  Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok menindak tegas Wajib Pajak (WP) yang tidak membayar Pajak Bumi dan . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

Wapres Ma'ruf Ziarah Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

SOKSINEWS.COM,  Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati saat kunjungan kerja ke Cirebon, . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

MPR Sebut 826 Pasangan Suami Istri Bercerai Akibat Pilkada Langsung

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, menyatakan pelakasanaan pilkada langsung di Indonesia menyebabkan 826 pasangan . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019

KPK Panggil 11 Saksi Kasus RTH Pemkot Bandung

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil 11 saksi dalam penyidikan kasus suap terkait pengadaan tanah untuk . . .

Nasional Jumat, 22 November 2019