Kamis, 14 November 2019

 

 

Nasional Daerah

Status Gunung Anak Krakatau Masih Berada Di Level II Waspada

Abubakar
Senin, 21 Oktober 2019 15:21 WIB

Status Gunung Anak Krakatau Masih Berada Di Level II Waspada
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)

SOKSINEWS.COM, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Anak Krakatau masih berada pada Level II (Waspada) karena aktivitas vulkanik yang masih relatif tinggi.

Kepala PVMBG, Kasbani menyebut setelah statusnya diturunkan dari Level III (Siaga) pada 25 Maret 2019, saat ini erupsi di Anak Krakatau masih terjadi dengan kolom abu hingga mencapai 300 meter dari dasar kawah.

"Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental hingga hari ini (21/10), tingkat aktivitas Anak Krakatau dinilai masih berada pada Level II Waspada," kata Kasbani di Kantor PVMBG Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin, (21/10/19).

Hingga Minggu (20/10), aktivitas yang relatif tinggi juga ditandai dengan terekamnya gempa, erupsi serta getaran tremor yang menerus. Hal itu menurutnya dapat menunjukkan bahwa masih adanya suplai magma serta pelepasan fluida ke permukaan kawah.

Selain itu, secara umum menurutnya data deformasi serta tiltmeter menunjukkan aktivitas fluktuasi yang berkaitan dengan sumber tekanan di permukaan kawah akibat pelepasan gas atau letusan kecil. Letusan yang terjadi tersebut menurutnya masih sebatas bersifat freatik dan surtseyan.

"Evaluasi menerus tetap dilakukan untuk mengantisipasi tingkat aktivitas dan potensi ancaman erupsi," kata Kasbani.

Dengan demikian, menurut dia potensi erupsi atau letusan masih berkemungkinan terjadi dengan intensitas kecil. Selain itu, material letusan yang membahayakan menurutnya hanya sebatas di wilayah kawah.

"Direkomendasikan masyarakat atau pengunjung tidak beraktivitas atau mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 2 kilometer," katanya.[]

Berita Lainnya

Wakil Wali Kota Kupang Dorong Dharma Wanita Lebih Kreatif

SOKSINEWS.COM, Wakil Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Hermanus Man mendorong para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

Polres Buleleng Tingkatkan Pemeriksaan Tamu Mako Pasca-Bom Medan

SOKSINEWS.COM, Jajaran Polres Buleleng meningkatkan pemeriksaan tamu yang mendatangi markas komando kepolisian pascaledakan bom . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

Kemenag Lebak Tingkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Bintek

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Banten, meningkatkan kompetensi kepala sekolah melalui pelatihan bimbingan teknis . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

Gubernur Sebut Wisatawan Tak Berduit Dilarang Ke NTT

SOKSINEWS.COM, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B Laiskodat mengatakan bahwa wisatawan yang tak berduit atau bukan termasuk . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019

DPR Tinjau Seleksi Calon Hakim Agung

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus mengapresiasi kunjungan Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin yang meninjau . . .

Nasional Kamis, 14 November 2019