Jumat, 17 Januari 2020

 

 

Nasional Daerah

Status Gunung Anak Krakatau Masih Berada Di Level II Waspada

Abubakar
Senin, 21 Oktober 2019 15:21 WIB

Status Gunung Anak Krakatau Masih Berada Di Level II Waspada
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)

SOKSINEWS.COM, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Anak Krakatau masih berada pada Level II (Waspada) karena aktivitas vulkanik yang masih relatif tinggi.

Kepala PVMBG, Kasbani menyebut setelah statusnya diturunkan dari Level III (Siaga) pada 25 Maret 2019, saat ini erupsi di Anak Krakatau masih terjadi dengan kolom abu hingga mencapai 300 meter dari dasar kawah.

"Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental hingga hari ini (21/10), tingkat aktivitas Anak Krakatau dinilai masih berada pada Level II Waspada," kata Kasbani di Kantor PVMBG Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin, (21/10/19).

Hingga Minggu (20/10), aktivitas yang relatif tinggi juga ditandai dengan terekamnya gempa, erupsi serta getaran tremor yang menerus. Hal itu menurutnya dapat menunjukkan bahwa masih adanya suplai magma serta pelepasan fluida ke permukaan kawah.

Selain itu, secara umum menurutnya data deformasi serta tiltmeter menunjukkan aktivitas fluktuasi yang berkaitan dengan sumber tekanan di permukaan kawah akibat pelepasan gas atau letusan kecil. Letusan yang terjadi tersebut menurutnya masih sebatas bersifat freatik dan surtseyan.

"Evaluasi menerus tetap dilakukan untuk mengantisipasi tingkat aktivitas dan potensi ancaman erupsi," kata Kasbani.

Dengan demikian, menurut dia potensi erupsi atau letusan masih berkemungkinan terjadi dengan intensitas kecil. Selain itu, material letusan yang membahayakan menurutnya hanya sebatas di wilayah kawah.

"Direkomendasikan masyarakat atau pengunjung tidak beraktivitas atau mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 2 kilometer," katanya.[]

Berita Lainnya

Omnibus Law Keamanan Laut, Mahfud MD: Bertambah Jadi 24 UU

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan hasil pemetaan regulasi yang harus . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Korban Kejahatan Seksual Pejabat Buton Utara Dapat Bantuan Psikolog

SOKSINEWS.COM, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Menko Polhukam Gelar Rapat Soal Pengamanan Laut

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar rapat khusus terkait pengamanan wilayah . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

PPP Dukung Pansus Jiwasraya

SOKSINEWS.COM, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Arsul Sani yang juga Wakil Ketua MPR mengatakan partainya . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Polri: Ada 56 Pertanyaan Diajukan Penyidik Pada Novel

SOKSINEWS.COM, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020