Minggu, 20 September 2020

 

 

Nasional Politik

DPR: Penunjukan Calon Kapolri Adalah Hak Presiden

Abubakar
Kamis, 24 Oktober 2019 13:15 WIB

DPR: Penunjukan Calon Kapolri Adalah Hak Presiden
Ketua DPR RI Puang Maharani

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan penunjukan calon Kepala Polri (Kapolri) merupakan hak prerogatif Presiden sehingga tidak bisa dicampuri, apakah nama yang diajukan satu atau lebih.

"Penunjukan calon Kapolri itu hak prerogatif Presiden Jokowi, kalau yang diusulkan masa tugasnya tinggal 1 sampai 1,5 tahun, itu hak prerogatif Presiden," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, (24/10/19).

Dasco menilai penunjukan Komjen Pol Idham Aziz sebagai calon Kapolri tidak cacat hukum sehingga tinggal menunggu proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI.

Menurut dia, Surat Presiden yang mengajukan nama Idham Aziz sudah diterima Pimpinan DPR pada Rabu (23/10) dan dalam waktu dekat akan dibahas di Rapat Pimpinan.

"Apabila komisi yang sudah terbentuk dalam hal ini Komisi III DPR sudah ditetapkan pimpinan dan anggotanya, maka sesuai batas waktu yang ada, kemungkinan akan segera diadakan uji kelayakan," ujarnya.

Dasco mengatakan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sudah dibentuk sehingga tinggal dimasukkan nama-nama anggota dari tiap fraksi dan ditetapkan anggota-anggotanya.

Dia mengatakan, Wakil Ketua DPR bidang Polhukam Aziz Syamsuddin akan membicarakan dengan Komisi III DPR RI untuk melakukan uji kelayakan calon Kapolri.[]

Berita Lainnya

Telat Masuk Musim Hujan, 14 Daerah di NTT Berpotensi Alami Kekeringan

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kupang menyebut, empat belas daerah di Provinsi . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Anggota Dewas KPK Syamsudin Haris Positif Covid-19

SOKSINEWS.COM, Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK Syamsuddin Haris terkonfirmasi positif terpapar COVID-19. Syamsuddin Haris pun . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

4 Tips Baterai Ponsel Anda Lebih Awet

SOKSINEWS.COM,  Ponsel memerlukan baterai agar bisa hidup. Saat baterai akan habis, Anda mungkin terburu-buru mencari charger . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Messi Bertahan, Kini Lini Serang Barcelona Punya Trio MGA

SOKSINEWS.COM, Barcelona menang 1-0 atas Elche dalam ajang Trofeo Joan Gamper di Estadio Camp Nou, Minggu (20/9/2020) dini hari . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Fraksi Partai Golkar Tolak Revisi UU Bank Indonesia

SOKSINEWS.COM, Fraksi Partai Golkar di DPR menolak Revisi Undang-Undang (RUU) nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia. Termasuk . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020