Jumat, 13 Desember 2019

 

 

Olahraga

Menpora Zainuddin Amali Berjanji Transparan Susun Anggaran

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 28 Oktober 2019 14:03 WIB

Menpora Zainuddin Amali Berjanji Transparan Susun Anggaran
Menpora Zainudin Amali (kanan). Amali menegaskan bahwa keterlambatan dana tidak dimaksudkan untuk menahan-nahan anggaran karena ada kemungkinan disebabkan oleh ketidaksesuaian administrasi. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

SOKSINEWS.COM, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berjanji untuk berusaha transparan dalam penyusunan anggaran serta menjamin tidak akan ada lagi potongan dana kepada setiap cabang olahraga.

"Kita harus hati-hati karena BPK tiap tahun memeriksa kita. Tapi yakinlah kami di Kemenpora sudah membuat tekad tidak ada satu rupiah pun apalagi potongan ke cabor. Kita akan berikan sesuai dengan yang diajukan," ujar Amali saat berkunjung ke Pelatnas Angkat Besi di Mess Kwini, Jakarta, Senin (28/10/19).

Amali menegaskan bahwa keterlambatan dana itu tidak dimaksudkan untuk menahan-nahan anggaran karena menurutnya, ada kemungkinan itu disebabkan oleh ketidaksesuaian administrasi. Ia juga mengingatkan bahwa uang yang digunakan adalah uang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang harus dialokasikan dengan hati-hati supaya tidak menyimpang.

Untuk mencegah keterlambatan itu, Amali menyatakan akan bertemu dengan setiap cabang olahraga untuk membicarakan soal anggaran.

"Kita akan undang setiap cabor untuk mengatur budget dan kita akan bicara transparan karena kementerian tanpa cabor bukan apa-apa," kata dia.

Meski begitu, Amali mengharapkan setiap cabang olahraga bisa tetap jalan sendiri walaupun tidak ada bantuan dari pemerintah. Ia mengapresiasi inisiatif PB PABBSI yang mau menggelontorkan dana pribadi untuk berangkat ke kejuaraan dunia junior di Pyongyang, Korea Utara, pekan lalu.

Sementara itu, Ketua Umum PB PABBSI Rosan Perkasa Roeslani mengeluhkan soal anggaran Pelatnas yang kerap terlambat dalam hal pencairan dana.

"Memang kadang-kadang pencairan dana sering telat dan kepotong. Alhamdulillah selama ini masih bisa ditanggulangi," kata Rosan.

Rosan mengatakan anggaran untuk Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Pattaya,Thailand pada September lalu baru turun 70 persen. Akibatnya untuk menutupi dana pada kejuaraan angkat besi junior pekan lalu, pihaknya terpaksa menanggulanginya dengan uang pribadi.

Dia berharap Menpora baru dapat membuat program dan alur pendanaan dengan baik sehingga tidak ada lagi keterlambatan turunnya anggaran saat akan mengikuti berbagai kejuaraan di dunia.[]

Berita Lainnya

Presiden Noc Indonesia Apresiasi Tindakan Penyelamatan Atlet Filipina

SOKSINEWS.COM, Presiden National Olympic Committe (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengapresiasi tindakan atlet tuan rumah . . .

Olahraga Senin, 09 Desember 2019

Suci Wulandari Raih Emas Pencak Silat SEA Games

SOKSINEWS.COM, Atlet pencak silat Suci Wulandari sukses melaksanakan tugasnya di SEA Games 2019 Filipina setelah mampu merebut . . .

Olahraga Kamis, 05 Desember 2019

Kesebelasan Semen Padang Ditinggal Dua Pemain Menikah Di Saat Genting

SOKSINEWS.COM, Kesebelasan Semen Padang ditinggal pemain pentingnya Teja Paku Alam dan Irsyad Maulana di saat genting karena tim . . .

Olahraga Minggu, 01 Desember 2019

Mantan Juara Dunia Identifikasi Bakat Atlet Badminton Di Gunungsitoli

SOKSINEWS.COM, Luluk Hadiyanto mantan juara dunia bulu tangkis tahun 2005 mengidentifikasi bakat atlet bulu tangkis di Kota Gunungsitoli, . . .

Olahraga Sabtu, 30 November 2019

Bos Basket Malaysia Cuti Gara-Gara Insiden Bendera Salah

SOKSINEWS.COM, Bos asosiasi bola basket Malaysia cuti tak terbatas setelah insiden salah bendera kebangsaan yang dikibarkan pada . . .

Olahraga Jumat, 29 November 2019