Selasa, 04 Agustus 2020

 

 

Daerah

PPL Diminta Aktif Bantu Petani Tingkatkan Produksi

Abubakar
Selasa, 29 Oktober 2019 13:18 WIB

PPL Diminta Aktif Bantu Petani Tingkatkan Produksi
Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, Apolinaris Geru

SOKSINEWS.COM, Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, Apolinaris Geru meminta petugas penyuluh pertanian (PPL) berperan aktif dalam membantu petani di desa-desa dalam peningkatan produksi pertanian.

"Bagi peserta PPL, kita harapkan setelah kembali ke daerah masing-masing, ilmu yang diperoleh ini dapat dibagi ke kelompok tani atau kelompok binaan yang ada di desa-desa," kata Apolinaris Geru di Kupang, Selasa, (29/10/19).

Dia mengemukakan hal itu kepada wartawan usai pembukaan sekolah lapang iklim (SLI) tentang sosialisasi agroklimatologi  Provinsi NTT tahun 2019.

Menurut dia, kegiatan SLI ini merupakan sosialisasi agroklimatologi tahap dua, yang bertujuan mendukung ketahanan pangan.

Karena itu, informasi iklim dari BMKG dapat diterjemahkan oleh PPL kepada petani dengan bahasa sederhana sehingga mudah dimengerti petani.

Dia juga mengharapkan, dengan SLI itu, para peserta mendapat pemahaman informasi iklim sehingga dalam penerapannya bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

Terkait kearifan lokal, ia mengakui, di setiap daerah memiliki kearifan lokal masing-masing.

"Kearifan lokal ini, kita lebih fokus lihat pada musim tanam, yakni berkaitan dengan gejala-gejala alam," katanya.

Artinya, informasi BMKG ini bukan menghapus kearifan lokal, tapi untuk menyempurnakannya dengan informasi iklim dari BMKG, yang bertujuan untuk membantu petani agar bisa menanam tepat waktu dan dapat berdampak pada peningkatan produksi, katanya menjelaskan.[]

Berita Lainnya

Tidak Ada Kematian Akibat COVID-19 Di Semarang Dalam 15 Hari Terakhir

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kota Semarang mencatat tidak ada kematian pasien positif COVID-19 di Ibu Kota Jawa Tengah itu selama . . .

Daerah Minggu, 10 Mei 2020

Banjir dan longsor landa enam daerah di Aceh

SOKSINEWS.COM, Badan Penangulangan Bencana Aceh (BPBA) mengatakan banjir, pohon tumbang, longsor baik berupa tanah, dan bebatuan, . . .

Daerah Jumat, 08 Mei 2020

Bupati Bogor akan tetap perketat operasional transportasi

SOKSINEWS.COM, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan akan tetap memperketat operasional moda transportasi di wilayahnya dan mengabaikan . . .

Daerah Kamis, 07 Mei 2020

Pasien COVID-19 sembuh di Kabupaten Bogor jadi 15 orang

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Kabupaten Bogor kembali mengumumkan adanya dua pasien COVID-19 yang berhasil sembuh, sehingga jumlahnya . . .

Daerah Selasa, 05 Mei 2020

Hujan deras rendam beberapa wilayah kota Cilegon

SOKSINEWS.COM, Hujan deras merendam beberapa wilayah di Kota Cilegon, Banten dengan ketinggian  air bekisar 40 cm dan bahkan . . .

Daerah Senin, 04 Mei 2020