Jumat, 13 Desember 2019

 

 

Daerah

BMKG Sebut NTT Masih Di Puncak Kemarau

Abubakar
Kamis, 31 Oktober 2019 12:24 WIB

BMKG Sebut NTT Masih Di Puncak Kemarau
Prakirawan Iklim BMKG Stasiun Klimatologi Kupang Hamdan Nurdin

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, saat ini wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) masih berada di puncak musim kemarau.

"Memang ada beberapa wilayah, terutama di bagian barat Flores yang sudah turun hujan lokal, tetapi secara umum, wilayah NTT masih berada di puncak musim kemarau," kata Prakirawan Iklim BMKG Stasiun Klimatologi Kupang Hamdan Nurdin, Kamis, (31/10/19).

Ia mengatakan, periode musim peralihan dari kemarau ke musim hujan diprediksi baru akan terjadi pada awal hingga pertengahan November 2019.

"Jadi wilayah NTT bisa dibilang masih kemarau, karena ciri dari periode peralihan itu adalah jika arah angin dari timuran melemah," katanya.

Selain itu, pergerakan angin berubah secara bervariasi dari tenggara dan selatan, dengan kecepatan angin maksimum dengan disertai hujan dengan intensitas sedang hingga deras, katanya menjelaskan.

Mengenai awal musim hujan, dia mengatakan, untuk wilayah Kupang dan sekitarnya, diprediksi akhir November 2019 hingga pertengahan Desember 2019.

"Memang secara umum, sesuai zona musim di NTT banyak variasi sehingga pada Oktober ini ada beberapa wilayah di NTT seperti Manggarai bagian tengah yang sudah turun hujan," katanya.

Ada juga zona musim yang mulai turun hujan pada November dan Desember mendatang, katanya menambahkan.

Ia berharap, para petani sudah menyiapkan lahan pertanian, sehingga saat musim tanam tiba, para petani bisa langsung menanam.[]

Berita Lainnya

Pulau Ambon Kembali Diguncang Empat Gempa Susulan, 1 Rumah Roboh

SOKSINEWS.COM, Kota dan Pulau Ambon, Provinsi Maluku kembali diguncang empat gempa susulan dengan kekuatan bervariasi pada Sabtu . . .

Daerah Sabtu, 16 November 2019

372 Perusahan Ajukan Izin Usaha Di Batang

SOKSINEWS.COM, Sebanyak 372 perusahaan lokal maupun asing mengajukan izin usaha di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, seiring dengan . . .

Daerah Senin, 04 November 2019

NTT Memiliki Satu Desa Mandiri

SOKSINEWS.COM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Nusa Tenggara Timur,Sinun Petrus Manuk menyebutkan NTT telah . . .

Daerah Senin, 04 November 2019

Ekspedisi Dan Kapuas Diharapkan Menjangkau Warga Hulu Sungai

SOKSINEWS.COM, Pelaksanaan KB bergerak atau ekspedisi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas . . .

Daerah Senin, 04 November 2019

KPU Bantul Gencarkan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Kepada Masyarakat

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai menggencarkan sosialisasi dan pendidikan . . .

Daerah Senin, 04 November 2019