Jumat, 13 Desember 2019

 

 

Daerah

Dinas Peterrnakan NTT Imbau Laporkan Kematian Mendadak Babi

Abubakar
Jumat, 01 November 2019 09:08 WIB

Dinas Peterrnakan NTT Imbau Laporkan Kematian Mendadak Babi
Kepala Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dani Suhadi

SOKSINEWS.COM, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dani Suhadi mengimbau warga melaporkan kematian mendadak ternak babi menyusul merebaknya penularan virus demam babi Afrika (African Swine Flu/ASF) di negara tetangga Timor Leste.

"Ketika ada kasus sakit dan kematian ternak babi milik warga yang terjadi mendadak, kami imbau agar segera melaporkan ke Dinas Peternakan Kota/Kabupaten maupun provinsi," katanya di Kupang.

Dia mengatakan, Dinas akan menindaklanjuti laporan warga mengenai kematian mendadak ternak babi dengan menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan dan tindakan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit hewan.

Kasus seperti kematian puluhan babi milik warga Kelurahan Maulafa di Kota Kupang beberapa waktu lalu, menurut dia, harus segera dilaporkan ke Dinas Peternakan supaya bisa segera diselidiki penyebabnya.

Menurut hasil penyelidikan awal, kematian ternak babi di Maulafa penyebabnya bukan virus demam babi Afrika melainkan diare.

"Tetapi untuk kematian ternak yang tidak biasa, kami minta agar segera dilaporkan pemiliknya sehingga Tim Respons Cepat Kesehatan Hewan langsung dikerahkan ke lapangan untuk identifikasi dan tindak lanjut," kata Dani.

Dani sekali lagi mengimbau peternak segera melaporkan kasus kematian ternak mendadak supaya dinas bisa sejak dini mendeteksi penyebabnya dan mencegah penyebaran penyakit.

"Selain laporan langsung kepada dinas terkait, warga juga bisa melaporkan lewat nomor telepon tim respons cepat 085239051331," katanya.[]

Berita Lainnya

Pulau Ambon Kembali Diguncang Empat Gempa Susulan, 1 Rumah Roboh

SOKSINEWS.COM, Kota dan Pulau Ambon, Provinsi Maluku kembali diguncang empat gempa susulan dengan kekuatan bervariasi pada Sabtu . . .

Daerah Sabtu, 16 November 2019

372 Perusahan Ajukan Izin Usaha Di Batang

SOKSINEWS.COM, Sebanyak 372 perusahaan lokal maupun asing mengajukan izin usaha di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, seiring dengan . . .

Daerah Senin, 04 November 2019

NTT Memiliki Satu Desa Mandiri

SOKSINEWS.COM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Nusa Tenggara Timur,Sinun Petrus Manuk menyebutkan NTT telah . . .

Daerah Senin, 04 November 2019

Ekspedisi Dan Kapuas Diharapkan Menjangkau Warga Hulu Sungai

SOKSINEWS.COM, Pelaksanaan KB bergerak atau ekspedisi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas . . .

Daerah Senin, 04 November 2019

KPU Bantul Gencarkan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Kepada Masyarakat

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai menggencarkan sosialisasi dan pendidikan . . .

Daerah Senin, 04 November 2019