Rabu, 11 Desember 2019

 

 

Daerah

NTT Miliki 50 Ribu Kader Posyandu Di Desa-Desa

Abubakar
Minggu, 03 November 2019 14:21 WIB

NTT Miliki 50 Ribu Kader Posyandu Di Desa-Desa
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi NTT, Sinun Petrus Manuk ketika dihubungi di Kupang.

SOKSINEWS.COM,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan ada 50 ribu kader posyandu yang tersebar di 3.026 desa di provinsi berbasis kepulauan ini yang membantu petugas kesehatan dalam melakukan pelayanan kesehatan berbasis masyarakat.

"Kami memiliki 50-an ribu kader posyandu yang bertugas di desa-desa dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat desa. Pelayanan posyandu dilakukan para kader dengan menggunakan alokasi dana desa," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa NTT'>Provinsi NTT, Sinun Petrus Manuk ketika dihubungi di Kupang, Minggu, (03/11/19).

Sinun Petrus Manuk menegaskan hal itu terkait upaya pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi peningkatan gizi warga desa di NTT.

Ia mengatakan, dana desa yang diterima setiap desa di NTT juga dialokasikan untuk mendukung pembangunan sektor kesehatan seperti pelayanan posyandu dalam  mengatasi stunting.

"Pada kader posyandu setiap bulan secara rutin melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi anak balita dan ibu-ibu hamil. PMT dialokasikan dari dana desa untuk perbaikan gizi anak balita dan ibu hamil," kata Sinun Petrus Manuk.

Ia mengatakan, pelayanan posyandu dilakukan para kader posyandu serta tenaga kesehatan untuk perbaikan gizi balita, mengatasi stunting termasuk pemeriksaan kesehatan lansia

Dikatakannya, pemerintah desa diberikan kewenangan untuk mengalokasikan dana desa untuk pemberian insentif bagi kader-kader posyandu sesuai kemampuan keuangan desa.

Menurutnya Pemerintah NTT saat ini hanya mampu memberikan dana insentif bagi 1.124 tenaga kesehatan yang bertugas di desa-desa yang dialokasikan dari APBD  NTT sebesar Rp350.000 per orang per tahun.

"Dana ini sangat kecil. Kami masih terus berupaya agar dana insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam kegiatan kesehatan di desa bisa ditingkatkan," tegas Sinun Petrus Manuk. []

Berita Lainnya

Pulau Ambon Kembali Diguncang Empat Gempa Susulan, 1 Rumah Roboh

SOKSINEWS.COM, Kota dan Pulau Ambon, Provinsi Maluku kembali diguncang empat gempa susulan dengan kekuatan bervariasi pada Sabtu . . .

Daerah Sabtu, 16 November 2019

372 Perusahan Ajukan Izin Usaha Di Batang

SOKSINEWS.COM, Sebanyak 372 perusahaan lokal maupun asing mengajukan izin usaha di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, seiring dengan . . .

Daerah Senin, 04 November 2019

NTT Memiliki Satu Desa Mandiri

SOKSINEWS.COM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Nusa Tenggara Timur,Sinun Petrus Manuk menyebutkan NTT telah . . .

Daerah Senin, 04 November 2019

Ekspedisi Dan Kapuas Diharapkan Menjangkau Warga Hulu Sungai

SOKSINEWS.COM, Pelaksanaan KB bergerak atau ekspedisi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas . . .

Daerah Senin, 04 November 2019

KPU Bantul Gencarkan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Kepada Masyarakat

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai menggencarkan sosialisasi dan pendidikan . . .

Daerah Senin, 04 November 2019