Jumat, 17 Januari 2020

 

 

Internasional

Puan Maharani Pimpin Delegasi RI Ke Pertemuan Ketua-Ketua Parlemen Negara G20

Abubakar
Selasa, 05 November 2019 10:27 WIB

Puan Maharani Pimpin Delegasi RI Ke Pertemuan Ketua-Ketua Parlemen Negara G20
Ketua DPR RI Puan Maharani

SOKSINEWS.COM, Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin delegasi Indonesia pada Pertemuan Ketua-ketua Parlemen Negara G20 yang dihelat Inter-Parliamentary Union (IPU) untuk ke-6 kalinya di Tokyo.

Pertemuan yang merupakan kerjasama IPU dan Parlemen Jepang ini dilaksanakan di tengah perlambatan ekonomi dunia akibat perang dagang.

“Parlemen dapat berperan dalam meningkatkan perdagangan inklusif terutama dalam hal akses dan partisipasi UMKM dalam global value chain, serta peningkatan peran wirausaha perempuan dalam perdagangan,” kata Puan dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Selasa, (05/11/19).

IPU merupakan organisasi yang menghimpun parlemen-parlemen negara sedunia untuk melakukan dialog atas isu-isu terkini yang menjadi tantangan bersama.

Pertemuan yang dihadiri 18 negara dan dua Organisasi Internasional (Parlemen Uni Eropa dan IPU) melakukan pertemuan dialog untuk mencari kesepahaman dalam menyikapi pelemahan sistem perdagangan multilateral.

Tiga isu yang menjadi fokus bahasan tahun ini adalah sistem perdagangan yang berkeadilan, inovasi teknologi yang berpusat pada manusia dan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDGs).

Puan menyampaikan bahwa perdagangan antar negara selayaknya harus selalu berpegang pada kepentingan rakyat dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Kesepakatan–kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan parlemen–parlemen negara G20 harus sejalan dengan kesepakatan di level eksekutif.

Puan didampingi Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Anggota DPR RI Dolfie OFP.

Dalam sidang itu, Puan didapuk menjadi Keynote Speaker di Sesi 3 dan menyampaikan berbagai upaya nasional untuk akselerasi capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), terutama dukungan bagi sarana implementasi yang efektif dari sisi pendanaan.

Indonesia telah melakukan berbagai upaya inovasi pembiayaan pembangunan. TPB merupakan agenda yang membutuhkan komitmen multistakeholders yang kuat.

Komitmen tersebut harus juga diikuti dengan upaya membangun tata kelola dunia yang dapat meningkatkan kapasitas politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang seimbang, sehingga setiap negara memiliki derajat kemajuan yang setara.

Di sesi 2, sidang membahas juga mengenai inovasi dan pemanfaatan teknologi. Salah satu poin yang mendapatkan perhatian delegasi adalah pemanfaatan teknologi selayaknya dibarengi dengan pengembangan SDM.

Di sela-sela sidang, Puan melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen Australia (Majelis Tinggi dan Majelis Rendah) dan Ketua Parlemen Korea Selatan. Pertemuan membahas berbagai peluang kerja sama antar parlemen.[]

Berita Lainnya

Dubes RRC Tuding AS Ingin Rusak Stabilitas Politik Hong Kong

SOKSINEWS.COM, Duta Besar RRC untuk Indonesia Xiao Qian mensinyalir ada keterlibatan Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara . . .

Internasional Jumat, 13 Desember 2019

Drone Pengintai-Penyerbu Perlu Dilibatkan Dalam Patroli Perbatasan RI-Malaysia

SOKSINEWS.COM, Kesepakatan antara Indonesia dan Malaysia ini dibuat usai Menteri Dalam Negeri Malaysia Muhyiddin Yassin mengadakan . . .

Internasional Kamis, 12 Desember 2019

Mendag: Perjanjian Kemitraan Indonesia-Korsel Tingkatkan Ekspor Dan Investasi

SOKSINEWS.COM, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang memimpin delegasi misi dagang Indonesia menyampaikan saat ini adalah waktu . . .

Internasional Kamis, 28 November 2019

Indonesia Majukan Resolusi PBB Inklusi Keuangan Dan Sains, Teknologi

SOKSINEWS.COM, Komite II Sidang Majelis Umum PBB yang membawahi isu-isu ekonomi, keuangan, pembangunan, dan lingkungan hidup telah . . .

Internasional Rabu, 27 November 2019

Hindari Bentrokan, Para Pemilih Hong Kong Antre Lebih Pagi Di TPS

SOKSINEWS.COM, Para warga Hong Kong di sejumlah lokasi mengantre lebih awal pada Minggu pagi karena khawatir proses pemungutan . . .

Internasional Minggu, 24 November 2019