Rabu, 23 September 2020

 

 

Ekonomi

Tekan Impor Migas, Erick Thohir Bersama Menkeu Terbang ke Dubai Jalin Kerjasama

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 05 November 2019 13:22 WIB

Tekan Impor Migas, Erick Thohir Bersama Menkeu Terbang ke Dubai Jalin Kerjasama
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Istimewa

SOKSINEWS.COM, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani terbang ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menjalin beberapa kerja sama dalam upaya menekan impor minyak dan gas bumi (migas).

"Hari ini nanti saya dampingi ibu Menteri Keuangan pergi ke Dubai untuk menjalin kerja sama dua pemerintah dalam upaya menekan impor migas," kata Erick Thohir usai rapat bersama di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/11/19).

Namun Erick tidak menjelaskan secara rinci agenda lawatan ke Dubai, termasuk membicarakan kerja sama apa saja. Ia hanya menjelaskan kerja sama tersebut antara dua pemerintahan yaitu Indonesia dan Dubai, terkait impor migas.

Menekan defisit neraca perdagangan menjadi salah satu fokus agenda Presiden Joko Widodo dalam periode kedua kepemimpinannya, yang ia sampaikan kepada para menteri terkait.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), impor migas Indonesia pada 2018 mencapai 50,4 juta ton, sedangkan impor solar sekitar 4,6 juta ton per tahun, artinya kontribusi impor solar hanya 9 persen terhadap impor migas.

Impor migas senilai 29,81 miliar dolar Amerika Serikat berkontribusi 18 persen dari total impor nonmigas sebesar 158 miliar dolar Amerika.

Dilihat dari porsi impor solar terhadap total impor nonmigas akan lebih kecil lagi yakni hanya 1,6 persen.[]

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020