Minggu, 17 November 2019

 

 

Nasional

Legislator: Ruhana Kuddus Berperan Besar Dalam Keterbukaan Informasi

Abubakar
Jumat, 08 November 2019 15:43 WIB

Legislator: Ruhana Kuddus Berperan Besar Dalam Keterbukaan Informasi
Anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat Nevi Zuarina

SOKSINEWS.COM, Anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat Nevi Zuarina menilai sosok Ruhana Kuddus yang dinobatkan sebagai sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah berperan penting dan keterbukaan informasi dan pendidikan perempuan.

"Ruhana Kuddus sosok inspiratif, jurnalis perempuan asal Sumatera Barat, saya mengapresiasi penetapannya sebagai pahlawan nasional," kata dia saat dihubungi dari Padang, Jumat, (08/11/19). 

Ia menceritakan sejak Maret hingga September 2017 pihaknya bersama-sama masyarakat Sumatera Barat telah berjuang mengajukan Ruhana sebagai pahlawan nasional.

"Alhamdulillah setelah dua tahun pengajuan, kini pemerintah telah menetapkan jurnalis pertama perempuan Indonesia yang berasal dari Sumbar sebagai Pahlawan Nasional," kata dia.

Nevi menyampaikan Ruhana Kuddus hidup sezaman dengan pahlawan nasional perempuan seperti Kartini.

Politisi PKS ini berpesan anak-anak muda sekarang patut meneladani dan mengambil hikmah dari perjuangan sosok dan inspirasi Ruhana Kuddus.

"Menulis, membaca, berbahasa Belanda, bahasa Arab, bahasa latin, Arab-Melayu dikuasai ketika usia belia yang ketika itu pendidikan tinggi bagi perempuan sangat terlarang. Perjuangannya merupakan kekuatan jiwa dengan semangat memberi, bukan semangat mengambil," ujarnya.

Ruhana lanjut Nevi, bukan saja sekadar pahlawan di belakang meja.

Ia turut mendirikan dapur umum bagi para pejuang hingga mencetus ide pergerakan antarkota pada perangkat atau alat perang bagi pejuang yang disembunyikan di antara sayur mayur.

"Beliau adalah pahlawan yang turun langsung ke lapangan dengan segala kemampuannya," katanya.

Istri dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ini berharap penobatan Ruhana sebagai pahlawan nasional menjadi momentum bagi para pemuda Indonesia untuk dapat mencontoh sosoknya.

"Ruhana Kuddus bertekad memberikan karya terbaik untuk negeri. Semoga ke depan akan muncul pahlawan baru dari anak bangsa, yang memberikan sumbangsih bagi negara di tempat ia berada, pada waktu ia menjalankan kehidupannya," kata dia.[]

Berita Lainnya

Nelayan Bintan Dapat Bantuan 59 Unit Mesin Ketinting Pada Tahun 2019

SOKSINEWS.COM,  Plt. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Isdianto menyebutkan pihaknya selama tahun ini menyerahkan bantuan . . .

Nasional Minggu, 17 November 2019

110.459 WNA Kunjungi Sulut Selama 2019

SOKSINEWS.COM,  Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Manado mencatat sekitar 110.459 orang Warga . . .

Nasional Minggu, 17 November 2019

Kapolda Gorontalo Turut Serta Deklarasi Penolakan Narkoba

SOKSINEWS.COM, Kapolda Gorontalo Brigjen Polisi Wahyu Widada turut serta dalam kegiatan deklarasi penolakan terhadap peredaran . . .

Nasional Minggu, 17 November 2019

Banjir Rendam Lima Kecamatan Di Aceh Barat

SOKSINEWS.COM, Sebanyak 38 desa yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, Minggu malam masih terendam air dengan . . .

Nasional Minggu, 17 November 2019

Polisi Amankan Pelaku Pembuangan Bangkai Babi Di Helvetia

SOKSINEWS.COM,  Anggota Polsek Helvetia Polrestabes Medan mengamankan seorang warga daerah setempat atas dugaan membuang . . .

Nasional Minggu, 17 November 2019