Rabu, 11 Desember 2019

 

 

Nasional

Komisi I Gelar RDP Dalami Kebijakan Penguatan Pertahanan Nasional

Abubakar
Senin, 11 November 2019 11:22 WIB

Komisi I Gelar RDP Dalami Kebijakan Penguatan Pertahanan Nasional
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan pihaknya akan mendalami kebijakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam 5 tahun ke depan, khususnya upaya peningkatakan pertahanan dan keamanan nasional.

Pendalaman tersebut akan dilakukan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPR RI dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada hari Senin, (11/11/19). 

"Agendanya pada hari ini Menhan baru tentunya kami ingin dengarkan bagaimana beliau mentransformasikan visi dan misi Presiden untuk modernisasi alutsista," kata Meutya di Gedung DPR RI, Jakarta.

Ia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas telah menyatakan keberpihakannya pada industri pertahanan nasional.

Oleh karena itu, Komisi I ingin tahu sejauh mana implementasi kebijakan Kemhan dalam mewujudkan keberpihakan pada industri pertahanan nasional.

"Kebijakan umum dari Presiden tersebut nanti yang menjalankan dan merancang kebijakan umumnya adalah Menhan. Maka, kami ingin mendengarkan sikapnya terkait dengan bagaimana atau apa yang beliau akan lakukan dalam hal meningkatkan kekuatan TNI," ujarnya.

Meutya mengatakan bahwa RDP tersebut juga akan membahas terkait dengan rencana kerja anggaran Kemhan karena pada tahun anggaran 2020 sudah disepekati.

Menurut dia, Komisi I ingin tahu bagaimana Menhan bisa memaksimalkan anggaran atau pagu alokasi yang sudah diberikan kepada Kemhan agar mencapai target serta visi dan misi Presiden Jokowi, yaitu alutsista modern dan TNI yang profesional.

"Agenda ini memang tidak telat karena dari Kemhan minta rapat dijadwal ulang menjadi pukul 11.00 WIB, lalu apakah terbuka atau tertutup, tergantung pada pimpinan rapat," katanya.

Ia berharap RDP tersebut berlangsung terbuka. Namun, apabila ada pembicaraan yang bersifat strategis terkait dengan pertahanan nasional, kemungkinan dilakukan tertutup.[]

Berita Lainnya

Jokowi: Ini Tolong Jadi Catatan

SOKSINEWS.COM, Pemerintah melalui APBN 2020 telah mengalokasikan anggaran bagi dana desa yang cukup besar. Pada tahun 2020 mendatang, . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019

Ketua MPR Dorong Pemerintah Akselerasi Pembangunan SDM

SOKSINEWS.COM,  Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah untuk segera mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019

AHY Umumkan Taruna Terbaik PD Bak Miss Universe: Bukan Kayak Pilpres

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengumumkan wisudawan terbaik dari Taruna Akademi . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019

Dilempar Molotov Orang Misterius, Kaca Rumah Warga di Sleman Pecah

SOKSINEWS.COM, Orang tak dikenal melempar molotov ke rumah Ngadilah, warga Kecamatan Gamping, Sleman, pagi dini hari tadi. Akibatnya, . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019

Cerita Khofifah Pernah Bilang ke Rommy Soal, Jangan Sampai Keanginan

SOKSINEWS.COM,  Khofifah Indar Parawansa mengakui pernah berkomunikasi dengan Romahurmuziy alias Rommy perihal jabatan Kepala . . .

Nasional Rabu, 11 Desember 2019