Selasa, 07 April 2020

 

 

Ekonomi

Menhub: Tarif LRT Jabodebek Bisa Kurang dari Rp12.000

Ahmad Fiqi Purba
Senin, 11 November 2019 13:25 WIB

Menhub: Tarif LRT Jabodebek Bisa Kurang dari Rp12.000
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (tengah kiri) disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) melakukan pengecoran "closure" tengah Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan Kereta Api Ringan atau LRT Jabodebek di Kuningan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Berdasarkan data PT Adhi Karya (Persero) Tbk per 1 November 2019 progres pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap I telah mencapai 67, 3 persen. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama.

SOKSINEWS.COM, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut tarif Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek bisa kurang dari Rp12.000 per perjalanan, karena nantinya pemerintah akan melakukan justifikasi menjelang operasional.

"Tarif sementara hitungannya adalah Rp12.000. Tapi, tentu nanti kita akan melakukan justifikasi pada saat menjelang operasional," kata Budi ditemui dalam seremoni pengecoran jembatan lengkung bentang panjang LRT Jabodebek di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (11/11/19).

Menurut Budi, justifikasi tarif dilakukan dengan sejumlah pertimbangan, termasuk asumsi jumlah penumpang, biaya tertentu yang dikeluarkan hingga pendapatan besar yang bisa ditekan.

"Nanti, kita lihat justifikasi pada akhir-akhir (menjelang) operasional," katanya.

Sebelumnya, Budi mengemukakan bahwa perkiraan tarif LRTJabodebek sebesar Rp12.000 untuk setiap perjalanan. Besaran tersebut telah disubsidi pemerintah lebih daru separuh harga komersial sebesar Rp25.000.

Ia pun mengaku tarif tersebut diperkirakan mengalami perubahan ke depan.

LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi penuh pada Juni 2021.

Progres pembangunan LRT Jabodebek tahap satu secara keseluruhan telah mencapai 67,3 persen dengan rincian lintas Cawang-Dukuh Atas 53,8 persen, Cawang-Bekasi Timur 60,5 persen, dan Cawang-Cibubur 86,2 persen.

Turut hadir dalam seremoni pengecoran terakhir jembatan lengkung bentang panjang (long span) di Kuningan, Jakarta, yang dibangun di atas persimpangan Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto itu, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.[]

Berita Lainnya

Pertamina Tambah Pasokan LPG 38.080 Tabung

SOKSINEWS.COM, Pertamina mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3 kilogram dengan menambah fakultatif jumlah LPG yang terpusat . . .

Ekonomi Jumat, 28 Februari 2020

Luhut: Pariwisata Indonesia Rugi 500 Juta Dolar Karena COVID-19

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa sektor pariwisata . . .

Ekonomi Selasa, 25 Februari 2020

Pengamat: Kredit UMI Dorong Kemajuan Ekonomi Daerah

SOKSINEWS.COM,  Pengamat UMKM Universitas Tanjungpura Pontianak, Muhammad Fahmi, MM, AK, Ca menyebutkan kredit Ultra Mikro . . .

Ekonomi Senin, 24 Februari 2020

Pengamat: Pertumbuhan Ekonomi RI Direvisi Jadi Momentum Berbenah

SOKSINEWS.COM, Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly Martawardaya menilai revisi . . .

Ekonomi Jumat, 21 Februari 2020

Mendag Gandeng Pelaku Usaha India Tingkatkan Perdagangan

SOKSINEWS.COM,Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menekankan pentingnya berkolaborasi dengan pelaku usaha India dalam meningkatkan . . .

Ekonomi Jumat, 21 Februari 2020