Senin, 21 September 2020

 

 

Nasional

BMKG: Kirim Ekspedisi Ke Samudera Hindia

Abubakar
Senin, 11 November 2019 14:12 WIB

BMKG: Kirim Ekspedisi Ke Samudera Hindia
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengirim tim ekspedisi Indonesia PRIMA ke Samudera Hindia

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengirim tim ekspedisi Indonesia PRIMA ke Samudera Hindia untuk menggambarkan profil kedalaman kondisi laut dan profil vertikal atmosfer secara bersamaan.

"Agar tim ekspedisi dapat menguak blackhole atau banyak misteri di samudera kita yang ada di Indonesia," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Gedung BMKG, Jakarta, Senin, (11/11/19). 

Ekspedisi, kata dia, agar dapat lebih memahami interaksi laut dan udara. Dengan menyertakan multibeam echosounder (MBS), juga diharapkan ekspedisi bisa melihat profil batimetri atau kedalaman laut di wilayah penelitian di Samudera Hindia dan sekitar Benua Asia.

Menurut dia, dari sejumlah ekspedisi di lautan perlahan mulai terkuak hal-hal dalam kemaritiman nasional lewat ekspedisi Indonesia PRIMA (Indonesia Program Initiative on Maritime Observation and Analysis).

Indonesia PRIMA tahun ini akan diselenggarakan pada 12 November-10 Desember 2019 dengan tema "Observasi untuk Memahami Kompleksitas Samudera yang Terus Berubah".

Program ekspedisi tersebut merupakan kerja sama tahun jamak selama lima tahun antara BMKG dengan Administrasi Nasional Kelautan dan Keatmosferan Amerika Serikat (NOAA).

Kegiatan juga ditujukan sebagai upaya merawat, menambah dan memperbaharui buoy/mooring laut ATLAS. Buoy biasa dipakai untuk alat deteksi tsunami dan deteksi berbagai parameter terkait cuaca.

Ekspedisi tersebut juga menggandeng BPPT sehingga ekspedisi menggunakan Kapal Baruna Jaya I dengan berawak dua ahli kelautan NOAA, 12 peneliti BMKG, tiga akademisi dan empat peneliti BPPT.[]

Berita Lainnya

Menang 3-0, Pirlo Puas dengan Debutnya sebagai Pelatih Baru Juventus

SOKSINEWS.COM, Juventus, memulai Liga Italia musim 2020/2021 dengan kemenangan 3-0 atas Sampdoria, Minggu. Pelatih Juventus Andrea . . .

Nasional Senin, 21 September 2020

Kasus Mutilasi, DPR: Anak Muda Harus Hati-hati Jika Berkenalan via Daring

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengimbau agar masyarakat khususnya anak muda dapat lebih berhati-hati dalam . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Kapasitas Tower 5 RSD Wisma Atlet Sudah Terisi Lebih dari 91 Persen

SOKSINEWS.COM, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta yang disiapkan . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Per 20 September, Terkonfirmasi Positif COVID-19 Bertambah 3.989 Kasus

SOKSINEWS.COM, Satgas penanganan COVID-19 menyampaikan data terkini terkait jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 per hari . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Mendikbud Didesak Jadikan Sejarah sebagai Mata Pelajaran Wajib

SOKSINEWS.COM, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim didesak menjadikan sejarah sebagai mata pelajaran . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020