Selasa, 28 Januari 2020

 

 

Nasional

Pemkab Magetan Usulkan UMK 2020 Sebesar RP1,91 Juta

Abubakar
Selasa, 12 November 2019 11:43 WIB

Pemkab Magetan Usulkan UMK 2020 Sebesar RP1,91 Juta
Buruh Rokok

SOKSINEWS.COM, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mengusulkan upah minimum kabupaten (UMK) tahun 2020 yang berlaku mulai 1 Januari di wilayah setempat mencapai sebesar Rp1,91 juta per bulan.

"Jumlah usulan tersebut naik sekitar Rp200 ribu dari UMK 2019 yang mencapai Rp1,763 juta per bulannya," ujar Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Magetan Hermawan di Magetan, Selasa, (12/11/19). 

Menurut dia, besaran usulan UMK 2020 yang mencapai Rp1,91 juta tersebut telah disetujui oleh pihak Dewan Pengupahan Magetan. Terdiri dari Pemkab Magetan, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Magetan, serikat buruh Magetan, BPS, dan lainnya.

Adapun penetapan usulan sebesar Rp1,91 juta tersebut juga telah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan (SE Menaker) B-m/308/HI.01.00/X/2019 tentang Penyampaian Data Tingkat Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Tahun 2019, naik 8,51 persen.

Angka Rp1,91 juta itu merupakan upah total pekerja. Termasuk komponen tunjangan, seperti BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, serta tunjangan lainnya.

"Angka Rp1,91 juta per bulan sudah sangat besar untuk Magetan. Kalau lebih dari itu, pengusaha akan keberatan," kata dia.

Pihaknya tidak menolak, dalam praktiknya, masih banyak pengusaha belum menerapkannya. Ada banyak alasan, seperti perusahaan baru, sehingga, belum mampu membayar pekerja sesuai UMK. Namun, sejauh ini belum ada pihak yang keberatan.

Memang, biasanya toko dan usaha kecil yang belum menggaji pekerja sesuai UMK. Meski demikian pihaknya tidak bisa memaksa pengusaha. Sebab, pendapatan mereka belum mampu. Jika terlalu ketat, malah akan berdampak pada pekerja. Yakni, menciptakan pengangguran baru.

Hermawan menambahkan, setelah ditetapkan, usulan UMK 2020 tersebut akan dikirim ke Pemprov Jatim untuk dikaji dan disahkan oleh Gubernur agar dapat diberlakukan awal tahun mendatang.[]

Berita Lainnya

Omnibus Law Keamanan Laut, Mahfud MD: Bertambah Jadi 24 UU

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan hasil pemetaan regulasi yang harus . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Korban Kejahatan Seksual Pejabat Buton Utara Dapat Bantuan Psikolog

SOKSINEWS.COM, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Menko Polhukam Gelar Rapat Soal Pengamanan Laut

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar rapat khusus terkait pengamanan wilayah . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

PPP Dukung Pansus Jiwasraya

SOKSINEWS.COM, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Arsul Sani yang juga Wakil Ketua MPR mengatakan partainya . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Polri: Ada 56 Pertanyaan Diajukan Penyidik Pada Novel

SOKSINEWS.COM, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020