Rabu, 11 Desember 2019

 

 

Ekonomi

BPS: Persepsi Konsumen Terhadap Perekonomian Jambi Relatif Baik

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 12 November 2019 12:00 WIB

BPS: Persepsi Konsumen Terhadap Perekonomian Jambi Relatif Baik
Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiawan saat memberikan keterangan kepada awak media di Jambi.(Antara.jambi/Nanang Mairiadi).

SOKSINEWS.COM, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat angka Indeks Tendensi Konsumen Jambi pada triwulan III-2019, sebesar 99,97 poin artinya persepsi konsumen terhadap perekonomian triwulan III-2019 relatif baik meskipun sedikit lebih pesimis dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiawan, melalui rilis yang diterima, Selasa (12/11/19) mengatakan kondisi itu terutama disebabkan oleh penurunan indeks pengaruh inflasi terhadap konsumsi masyarakat yang hanya sebesar 96,75, sedangkan pendapatan dan volume konsumsi masyarakat sedikit meningkat dengan nilai indeks sebesar 101,10 dan 101,36 point.

Sementara itu persepsi konsumen terhadap perekonomian Provinsi Jambi pada triwulan mendatang diperkirakan meningkat dibandingkan dengan triwulan III-2019 dengan nilai ITK sebesar 108,04 point.

Nilai ITK Provinsi Jambi pada triwulan III-2019 sebesar 99,97 point artinya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi triwulan III-2019 cenderung lebih pesimis dibandingkan dengan triwulan sebelumnya atau nilai indeks sebesar 124,56. Kondisi ini terutama disebabkan oleh harga barang atau jasa kebutuhan rumah tangga yang cenderung meningkat sehingga memperkecil indeks pengaruh inflasi terhadap konsumsi hingga mencapai 96,75.

Gambaran persepsi masyarakat pada triwulan III-2019 dapat dilihat pada ketiga variabel pembentuk ITK. Jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, kenaikan variabel pendapatan dan volume konsumsi ini cenderung melambat. Sumber pendapatan tambahan pada triwulan III-2019 dapat berasal dari gaji ketiga belas yang diterima aparatur sipil negara.

"Sementara itu peningkatan konsumsi dapat disebabkan karena dimulainya tahun ajaran baru sekolah dan universitas," kata Dadang.

Pada triwulan III-2019 penurunan konsumsi rumah tangga terjadi pada komoditi makanan yaitu pada kelompok Bahan Makanan dan kelompok Makanan dan Minuman Jadi dengan nilai indeks masing-masing sebesar 95,42 dan 95,19 poin.

Sebaliknya, nilai indeks semua komoditi nonmakanan pada triwulan III-2019 lebih dari 100 kecuali untuk kelompok rekreasi yang memiliki indeks 94,19.

Dadang juga menjelaskan, untuk nilai ITK Provinsi Jambi pada triwulan IV-2019 diperkirakan sebesar 108,04 artinya kondisi ekonomi konsumen diperkirakan lebih optimis dibandingkan dengan triwulan III-2019.

Perkiraan kondisi tersebut antara lain didorong oleh optimisme memperoleh pendapatan mendatang yang lebih tinggi karena kemungkinan mendapatkan bonus akhir tahun bagi karyawan swasta sehingga menciptakan nilai indeks sebesar 110,30. Sementara itu perkiraan pembelian barang tahan lama juga meningkat hingga mencapai 104,07 poin.[]

Berita Lainnya

Dirjen Pajak Akui Pertumbuhan Penerimaan Pajak Cukup Berat Tahun Ini

SOKSINEWS.COM, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo menyebutkan pertumbuhan penerimaan pajak 2019 cukup berat . . .

Ekonomi Rabu, 11 Desember 2019

OJK: Penguatan Bank Muamalat Oleh Calon Investor Masih Berproses

SOKSINEWS.COM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga saat ini penguatan modal di Bank Muamalat oleh para calon investor . . .

Ekonomi Senin, 09 Desember 2019

Wamenlu: Perusahan AS Berkomitmen Investasi Lebih Besar di RI

SOKSINEWS.COM, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengungkapkan bahwa sejumlah perusahaan Amerika Serikat yang beroperasi . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

BI Dorong Hilirisasi Rumput Laut Tingkatkan Daya Saing Ekspor

SOKSINEWS.COM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan (KPw BI Sulsel)  mendorong program hilirisasi rumput laut . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

OJK Imbau Masyarakat Sulut Waspadai Investasi Bodong

SOKSINEWS.COM, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara Slamet Wibowo mengimbau seluruh . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019