Sabtu, 14 Desember 2019

 

 

Nasional

Presiden Jokowi Tekankan Forkofimda Jalin Hubungan Harmonis

Ahmad Fiqi Purba
Rabu, 13 November 2019 10:49 WIB

Presiden Jokowi Tekankan Forkofimda Jalin Hubungan Harmonis
Presiden Joko Widodo

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo mengarahkan komunikasi antara pimpinan-pimpinan di daerah harus terjalin dengan kuat dan berhati-hati menghadapi setiap insiden.

"Penting sekali hubungan harmonis Forkopimda, penting sekali," kata Jokowi dalam sambutannya di Sentul, Jawa Barat, Rabu (13/11/19).

Presiden bahkan mengulangi frase "penting sekali" hingga tiga kali.

"Komunikasi harus terjalin antara gubernur dengan kapolda, pangdam, kepala kejaksaan tinggi dan pengadilan tinggi," katanya.

Presiden Jokowi menegaskan hubungan itu juga harus berlangsung di tingkat kabupaten/kota.

"Hubungan harmonis seperti itu akan sangat mempengaruhi tensi yang ada di daerah. Kalau ada salah satu yang tadi saya sebut tidak rukun satu saja, akan menjadi masalah besar dalam menangani setiap problem-problem yang ada di daerah," kata Presiden.

Menurut Presiden, banyak terjadi perubahan pola perilaku interaksi sosial dan komunikasi, sehingga jajaran aparat hukum harus berhati-hati dalam menangani setiap peristiwa sekecil apapun.

Jokowi menilai sejumlah insiden menyebabkan terjadinya gejolak politik dan keamanan melalui demonstrasi yang terjadi di sejumlah negara.

Dia menyebutkan beberapa contoh yakni unjuk rasa di Hong Kong, unjuk rasa di Chili, dan demonstrasi di Bolivia.

Presiden meminta seluruh pimpinan daerah untuk berhati-hati menangani hal-hal uang sensitif agar tidak menimbulkan gejolak keamanan.

"Saya titip utamanya untuk jajaran TNI dan Polri melihat sekecil apapun sebuah peristiwa, jangan menggampangkan karena penuh diskonten, ketidakpuasan, hati-hati," demikian Presiden.[]

Berita Lainnya

PPATK Dalami Rekening Kasino di Luar Negeri Milik Sejumlah Kepala Daerah

SOKSINEWS.COM, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) rupanya tengah menelusuri jejak-jejak transaksi keuangan . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Sofyan Djalil Bagikan 3.025 Sertifikat Tanah di Kalsel

SOKSINEWS.COM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) membagikan 3.025 sertifikat tanah ke warga . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Ditangkap, Buronan Kasus Narkoba Coba Suap Petugas Imigrasi Rp 2 Miliar!

SOKSINEWS.COM, Petugas Imigrasi yang bertugas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara menangkap seorang buronan kasus narkoba inisial . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

PA 212 Minta Kasus Sukmawati-Muwafiq Diproses, Akan Demo Lagi Jika Mangkrak

SOKSINEWS.COM, Massa aksi demonstrasi di Mabes Polri meminta polisi untuk melanjutkan proses hukum dari Sukmawati Soekarnoputri . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019

Bamsoet: Wacana Lain Amandemen UUD 1945 di Luar GBHN Bukan dari MPR

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan bahwa rencana amandemen UUD 1945 guna untuk menghadirkan pokok-pokok . . .

Nasional Jumat, 13 Desember 2019