Sabtu, 07 Desember 2019

 

 

Internasional

Presiden China XI Undang PM India Modi Kunjungi China lagi

Abubakar
Kamis, 14 November 2019 12:12 WIB

Presiden China XI Undang PM India Modi Kunjungi China lagi
Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi

SOKSINEWS.COM, Presiden Cina Xi Jinping mengundang Perdana Menteri India Narendra Modi untuk mengunjungi China lagi tahun depan setelah dua pertemuan puncak informal antara kedua pria itu di negara masing-masing, meskipun ada perbedaan pendapat yang mendalam mengenai wilayah Kashmir yang disengketakan.

Xi dan Modi bertemu di India selatan bulan lalu, setelah pertemuan puncak informal pertama mereka di China tahun lalu ketika keduanya berusaha untuk menempatkan hubungan mereka yang sering sangat tegang, kembali ke jalurnya.

Tetapi lebih dari dua minggu kemudian, kedua negara jatuh ke dalam sengketa diplomatik atas Kashmir setelah India secara resmi mencabut otonomi konstitusi negara dan membaginya menjadi dua wilayah federal dalam upaya untuk mengintegrasikannya sepenuhnya ke India.

Pada pertemuan di Brasil di sela-sela pertemuan negara-negara BRICS - Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan - Xi mengatakan kepada Modi bahwa dia bersedia mempertahankan komunikasi yang erat "untuk memandu perkembangan hubungan China-India yang lebih baik dan lebih stabil."

Keduanya harus "meningkatkan rasa saling percaya politik, mengelola perbedaan dengan tepat dan memperluas kerja sama praktis untuk memandu perkembangan hubungan bilateral yang lebih baik dan lebih stabil," kata Xi, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri China yang dirilis pada hari Kamis.

"2020 akan segera datang, dan saya berharap hubungan China-India akan mencapai perkembangan baru dan lebih besar di tahun baru," pernyataan Xi yang dikutip . "Saya menyambut Anda untuk datang ke China untuk pertemuan lain tahun depan."

Pernyataan China tidak menyebutkan Kashmir.

Sumber: Reuters

Berita Lainnya

Mendag: Perjanjian Kemitraan Indonesia-Korsel Tingkatkan Ekspor Dan Investasi

SOKSINEWS.COM, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang memimpin delegasi misi dagang Indonesia menyampaikan saat ini adalah waktu . . .

Internasional Kamis, 28 November 2019

Indonesia Majukan Resolusi PBB Inklusi Keuangan Dan Sains, Teknologi

SOKSINEWS.COM, Komite II Sidang Majelis Umum PBB yang membawahi isu-isu ekonomi, keuangan, pembangunan, dan lingkungan hidup telah . . .

Internasional Rabu, 27 November 2019

Hindari Bentrokan, Para Pemilih Hong Kong Antre Lebih Pagi Di TPS

SOKSINEWS.COM, Para warga Hong Kong di sejumlah lokasi mengantre lebih awal pada Minggu pagi karena khawatir proses pemungutan . . .

Internasional Minggu, 24 November 2019

Menlu Jepang Akan Bahas Isu Pekerja Paksa Dengan Korsel

SOKSINEWS.COM, Menteri luar negeri Jepang mengatakan ia berencana membahas isu kontroversial pekerja paksa semasa perang . . .

Internasional Sabtu, 23 November 2019

Trump Menuju Delaware Melayat Dua Tentara Yang Terbunuh Di Afghanistan

SOKSINEWS.COM, Presiden Amertika Serikat Donald Trump melakukan perjalanan ke Pangkalan Angkatan Udara Dover di Delaware pada . . .

Internasional Jumat, 22 November 2019