Rabu, 23 September 2020

 

 

Nasional

Mensos Tetap Monitor Permintaan Bantuan Pascagempa Buleleng

Abubakar
Jumat, 15 November 2019 14:34 WIB

Mensos Tetap Monitor Permintaan Bantuan Pascagempa Buleleng
Menteri Sosial, Juliari P Batubara

SOKSINEWS.COM, Menteri Sosial, Juliari P Batubara menyebutkan bahwa pihaknya tetap memonitor terkait dengan permintaan bantuan pascagempa yang terjadi di Kabupaten Buleleng, wilayah utara Bali.

"Ya kalau memang kita perlukan nanti hasil laporan dari lapangannya pasti kita terima dan pasti segera dikirimkan, Apabila ada permintaan bantuan dari lapangan pasti segera kita kirimkan," katanya usai kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Sosial di Pemkab Badung, Bali, Jumat, (15/11/19).

Ia mengatakan saat ini tim dari Kementerian Sosial telah diterjunkan untuk memonitor dengan ketat laporan terkini yang terjadi di lapangan.

"Setiap menit kita monitor tentunya dari Kementerian Sosial siap apabila memang ada permintaan tapi ya mudah-mudahan tidak ya kita berdoa mudah-mudahan tidak terjadi gempa yang besar yang mengakibatkan korban," katanya.

Pihaknya mengatakan saat ini belum ada rencana untuk mendatangi Kabupaten Buleleng, namun jika ada kebutuhan yang cepat, Kemensos sudah siaga di lapangan.

"Belum ada rencana tetapi saya kira dari lapangan kondisinya masih cukup kondusif dan tentunya tim kita di lapangan sudah siap dan kita tentunya memonitor setiap saat apabila memang ada action - action yang lebih cepat kita lakukan kita udah di lapangan semua ya," jelas Juliari.

Sebelumnya dalam keterangan resmi dari Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, bahwa Gempa bumi bermagnitudo 5,1 yang kemudian dimutakhirkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjadi magnitudo 5 mengguncang wilayah Kabupaten Buleleng, Bali, pada pukul 18.21 Wita.

Rahmat Triyono menjelaskan, guncangan gempa bumi tersebut dilaporkan terasa di daerah Buleleng dengan skala III - IV MMI, di wilayah Denpasar, Mataram, Jembrana dan Jimbaran, Mengwi, Dalung, Kuta dengan skala III MMI.

Selain itu, berdasarkan keterangan dari Kalaksa BPBD Bali, dmpak gempa bumi di Kabupaten Buleleng, menimbulkan kerusakan pada bangunan toko di Desa Musi, Kecamatan Gerokgak, tembok bangunan retak milik Sachrul Ramdani, bangunan rusak di Desa Telaga, Kecamatan Busungbiu, dan bangunan rusak di Desa Pangkungparuk, Kecamatan Seririt.[]

Berita Lainnya

Apa Pergantian Cuaca Berpengaruh pada Penyebaran COVID-19?

SOKSINEWS.COM, Pergantian cuaca dari musim panas ke musim hujan saat ini menimbulakan kekhawatiran memperparah penyebaran virus . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Anggota Komisi XI Sarmuji Sebut Tren Perekonomian Indonesia Mulai Membaik

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi XI Fraksi Partai Golkar DPR RI M. Sarmuji mengatakan, secara teknis Indonesia memang berkemungkinan . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Di Depan Sidang Umum PBB, Jokowi Ingatkan Palestina Belum Merdeka

SOKSINEWS.COM, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyampaikan pidatonya di Sidang Majelis Umum ke-75 PBB pada Rabu . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Mendagri Gandeng Sekjen Parpol Pastikan Pilkada Aman dari Covid-19

SOKSINEWS.COM, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menggandeng para Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Politik (Parpol) . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Golkar Kabupaten Belitung Gelar Musda ke-10 pada 27 September

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Belitung akan menggelar musyawarah daerah (Musda) X Partai . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020