Sabtu, 04 April 2020

 

 

Internasional

Trump Menuju Delaware Melayat Dua Tentara Yang Terbunuh Di Afghanistan

Abubakar
Jumat, 22 November 2019 14:13 WIB

Trump Menuju Delaware Melayat Dua Tentara Yang Terbunuh Di Afghanistan
Presiden Amertika Serikat Donald Trump

SOKSINEWS.COM, Presiden Amertika Serikat Donald Trump melakukan perjalanan ke Pangkalan Angkatan Udara Dover di Delaware pada Kamis untuk menerima jenazah dua tentara Amerika yang gugur dalam kecelakaan helikopter di Afghanistan pekan ini.

Trump, yang bertemu dengan keluarga para prajurit di pangkalan itu disertai oleh Ibu Negara Melania Trump, Ketua Kepala Staf Gabungan Mark Milley dan penasihat keamanan nasional Robert O'Brien.

Presiden dan pejabat lainnya memandang enam personel militer yang mengenakan seragam tentara, memakai sarung tangan putih dan baret hitam menyerahkan peti jenazah berselubung bendera ke sebuah mobil.

Pentagon pada Kamis mengidentifikasi kedua prajurit tersebut sebagai Bintara Tinggi (Kepala Surat Perintah) David Knadle dari Tarrant, Texas, dan Bintara Tinggi Kirk Fuchigami Jr dari Keaau, Hawaii.

Militer AS mengatakan penyebab kecelakaan pada Rabu di Provinsi Logar di selatan Kabul, ibu kota Afghanistan sedang diselidiki tetapi laporan awal tidak menunjukkan kejadian itu disebabkan oleh tembakan musuh. Taliban Afghanistan mengaku bertanggung jawab menjatuhkan helikopter.

Kecelakaan itu terjadi setelah Taliban menukar dua sandera Barat dengan tiga komandannya yang ditahan oleh pemerintah Afghanistan, meningkatkan harapan mencairnya hubungan antara kelompok militan dan pasukan koalisi.

Pada bulan September, Trump membatalkan pembicaraan damai dengan para pemimpin Taliban yang bertujuan mengakhiri perang 18 tahun mereka setelah kelompok tersebut mengaku bertanggung jawab atas serangan di Kabul yang menewaskan seorang tentara Amerika dan 11 orang lainnya.

Langkah mengejutkan tersebut membuat keraguan akan masa depan rancangan perjanjian yang menawarkan penarikan ribuan tentara A.S. sebagai imbalan atas jaminan bahwa Afghanistan tidak akan digunakan sebagai pangkalan untuk serangan militan terhadap Amerika Serikat dan sekutunya.

Aktor Jon Voight, seorang pendukung Trump yang menerima Medali Seni Nasional dari presiden di Gedung Putih sebelumnya pada hari Kamis, menemani Trump pada kunjungan ke pangkalan Dover dan menyebut pengalaman itu "sangat kuat."

"Siapa yang bisa berbicara untuk keluarga-keluarga ini dan bagaimana mereka akan melaluinya ?" katanya kepada wartawan setelah upacara penyerahan jenazah. "Sangat dihormati dan bermartabat. Pasti menghibur bahwa putra-putra mereka dihargai oleh negara mereka".[]

Sumber: Reuters

Berita Lainnya

Vetnam Sebut Wabah Corona Bisa Berdampak Pada Produk Anyar Samsung

SOKSINEWS.COM, Sektor manufaktur Vietnam terkena imbas dari wabah virus corona, COVID-19, khususnya berupa gangguan rantai pasokan . . .

Internasional Jumat, 21 Februari 2020

IMF: Wabah Virus Corona Ancam Pemulihan Ekonomi Global

SOKSINEWS.COM, Wabah virus corona telah mengganggu pertumbuhan ekonomi di China dan penyebaran Covid-19 ke negara-negara lain . . .

Internasional Kamis, 20 Februari 2020

Pertemuan Johnson Dan Trump Ditunda Sampai Juni

SOKSINEWS.COM, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menunda lawatannya ke Amerika Serikat untuk bertemu Presiden Donald Trump . . .

Internasional Jumat, 14 Februari 2020

Uni Emirat Arab Komitmen Investasi USD500 Juta Bangun Afrika

SOKSINEWS.COM, Konsorsium Uni Emirat Arab untuk Afrika adalah sebuah inisiatif baru dengan komitmen investasi sebesar USD 500 . . .

Internasional Selasa, 11 Februari 2020

Dubes RRC Tuding AS Ingin Rusak Stabilitas Politik Hong Kong

SOKSINEWS.COM, Duta Besar RRC untuk Indonesia Xiao Qian mensinyalir ada keterlibatan Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara . . .

Internasional Jumat, 13 Desember 2019