Sabtu, 04 April 2020

 

 

Internasional

Menlu Jepang Akan Bahas Isu Pekerja Paksa Dengan Korsel

Abubakar
Sabtu, 23 November 2019 16:09 WIB

Menlu Jepang Akan Bahas Isu Pekerja Paksa Dengan Korsel
Menteri luar negeri Jepang

SOKSINEWS.COM, Menteri luar negeri Jepang mengatakan ia berencana membahas isu kontroversial pekerja paksa semasa perang di Semenanjung Korea dalam pertemuan dengan mitranya Korsel sehari setelah Seoul mempertahankan perjanjian berbagi intelijen dengan Tokyo.  pada Sabtu, (23/11/19).

Pernyataan Toshimitsu Motegi merupakan indikasi terbaru dua sekutu AS tersebut berupaya memperbaiki hubungan, yang kian memburuk dalam setengah abad atas isu pekerja paksa di semenanjung Korea selama Perang Dunia II.

"Saya berniat bertukar pandangan yang tulus soal isu pekerja dari Semenanjung Korea, yang menjadi masalah inti, dan sejumlah isu bilateral lainnya," kata Motegi saat konferensi pers yang mengakhiri pertemuan para menteri luar negeri G20 di kota Nagoya.

Korea Selatan membuat keputusan di menit terakhir untuk bertahan dengan perjanjian berbagi intelijen yang kritis dengan Jepang, kebalikan dramatis setelah berbulan-bulan hubungan dingin yang diperumit oleh sejarah menyakitkan mereka.  pada Jumat, (22/11/19).

Keputusan itu disambut oleh Washington. Amerika Serikat mendorong dua sekutunya itu untuk mengesampingkan permusuhan mereka dan mempertahankan Perjanjian Kerja sama Militer (GSOMIA), yang dianggap sebagai kunci kerja sama keamanan trilateral.[]

Sumber: Reuters

Berita Lainnya

Vetnam Sebut Wabah Corona Bisa Berdampak Pada Produk Anyar Samsung

SOKSINEWS.COM, Sektor manufaktur Vietnam terkena imbas dari wabah virus corona, COVID-19, khususnya berupa gangguan rantai pasokan . . .

Internasional Jumat, 21 Februari 2020

IMF: Wabah Virus Corona Ancam Pemulihan Ekonomi Global

SOKSINEWS.COM, Wabah virus corona telah mengganggu pertumbuhan ekonomi di China dan penyebaran Covid-19 ke negara-negara lain . . .

Internasional Kamis, 20 Februari 2020

Pertemuan Johnson Dan Trump Ditunda Sampai Juni

SOKSINEWS.COM, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menunda lawatannya ke Amerika Serikat untuk bertemu Presiden Donald Trump . . .

Internasional Jumat, 14 Februari 2020

Uni Emirat Arab Komitmen Investasi USD500 Juta Bangun Afrika

SOKSINEWS.COM, Konsorsium Uni Emirat Arab untuk Afrika adalah sebuah inisiatif baru dengan komitmen investasi sebesar USD 500 . . .

Internasional Selasa, 11 Februari 2020

Dubes RRC Tuding AS Ingin Rusak Stabilitas Politik Hong Kong

SOKSINEWS.COM, Duta Besar RRC untuk Indonesia Xiao Qian mensinyalir ada keterlibatan Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara . . .

Internasional Jumat, 13 Desember 2019