Selasa, 21 Januari 2020

 

 

Internasional

Menlu Jepang Akan Bahas Isu Pekerja Paksa Dengan Korsel

Abubakar
Sabtu, 23 November 2019 16:09 WIB

Menlu Jepang Akan Bahas Isu Pekerja Paksa Dengan Korsel
Menteri luar negeri Jepang

SOKSINEWS.COM, Menteri luar negeri Jepang mengatakan ia berencana membahas isu kontroversial pekerja paksa semasa perang di Semenanjung Korea dalam pertemuan dengan mitranya Korsel sehari setelah Seoul mempertahankan perjanjian berbagi intelijen dengan Tokyo.  pada Sabtu, (23/11/19).

Pernyataan Toshimitsu Motegi merupakan indikasi terbaru dua sekutu AS tersebut berupaya memperbaiki hubungan, yang kian memburuk dalam setengah abad atas isu pekerja paksa di semenanjung Korea selama Perang Dunia II.

"Saya berniat bertukar pandangan yang tulus soal isu pekerja dari Semenanjung Korea, yang menjadi masalah inti, dan sejumlah isu bilateral lainnya," kata Motegi saat konferensi pers yang mengakhiri pertemuan para menteri luar negeri G20 di kota Nagoya.

Korea Selatan membuat keputusan di menit terakhir untuk bertahan dengan perjanjian berbagi intelijen yang kritis dengan Jepang, kebalikan dramatis setelah berbulan-bulan hubungan dingin yang diperumit oleh sejarah menyakitkan mereka.  pada Jumat, (22/11/19).

Keputusan itu disambut oleh Washington. Amerika Serikat mendorong dua sekutunya itu untuk mengesampingkan permusuhan mereka dan mempertahankan Perjanjian Kerja sama Militer (GSOMIA), yang dianggap sebagai kunci kerja sama keamanan trilateral.[]

Sumber: Reuters

Berita Lainnya

Dubes RRC Tuding AS Ingin Rusak Stabilitas Politik Hong Kong

SOKSINEWS.COM, Duta Besar RRC untuk Indonesia Xiao Qian mensinyalir ada keterlibatan Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara . . .

Internasional Jumat, 13 Desember 2019

Drone Pengintai-Penyerbu Perlu Dilibatkan Dalam Patroli Perbatasan RI-Malaysia

SOKSINEWS.COM, Kesepakatan antara Indonesia dan Malaysia ini dibuat usai Menteri Dalam Negeri Malaysia Muhyiddin Yassin mengadakan . . .

Internasional Kamis, 12 Desember 2019

Mendag: Perjanjian Kemitraan Indonesia-Korsel Tingkatkan Ekspor Dan Investasi

SOKSINEWS.COM, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang memimpin delegasi misi dagang Indonesia menyampaikan saat ini adalah waktu . . .

Internasional Kamis, 28 November 2019

Indonesia Majukan Resolusi PBB Inklusi Keuangan Dan Sains, Teknologi

SOKSINEWS.COM, Komite II Sidang Majelis Umum PBB yang membawahi isu-isu ekonomi, keuangan, pembangunan, dan lingkungan hidup telah . . .

Internasional Rabu, 27 November 2019

Hindari Bentrokan, Para Pemilih Hong Kong Antre Lebih Pagi Di TPS

SOKSINEWS.COM, Para warga Hong Kong di sejumlah lokasi mengantre lebih awal pada Minggu pagi karena khawatir proses pemungutan . . .

Internasional Minggu, 24 November 2019