Rabu, 23 September 2020

 

 

Nasional

Dinas Sosial Kirimkan 600 Paket Untuk Korban Kebakaran Pulau Sebuku

Abubakar
Minggu, 24 November 2019 13:15 WIB

Dinas Sosial Kirimkan 600 Paket Untuk Korban Kebakaran Pulau Sebuku
Kepala Dinas Sosial Siti Nuriani di Banjarmasin

SOKSINEWS.COM, Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengirimkan  600 paket  bantuan berupa makanan, pakaian, kasur dan lainnya untuk korban kebakaran di permukiman warga Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku Kotabaru, Sabtu (23/11/2019) sekitar pukul 22.00 Wita.

Kepala Dinas Sosial Siti Nuriani di Banjarmasin mengatakan, saat ini tim sedang melakukan pendataan terhadap seluruh korban kebakaran yang diperkirakan mencapai ratusan rumah. Minggu, (24/11/19).

"Sampai saat ini kami bersama tim masih melakukan pendataan untuk memastikan berapa jumlah rumah yang terbakar. Informasi sementara, mencapai sekitar 400 rumah, 600 kepala keluarga dan ribuan anggota keluarga kehilangan rumah. Namun kita masih menunggu jumlah pastinya, itu baru perkiraan," katanya.

Pemerintah melalui APBN telah menganggarkan bantuan senilai Rp161 juta, untuk penyaluran berbagai paket kebutuhan korban tersebut. Sedangkan dari APBD, tambah dia, sedang dalam proses penghitungan.

"Dari APBD, kami perkirakan hari ini juga telah selesai perhitungan, sehingga bantuan bisa segera dikirim," katanya.

Mengantisipasi berbagai kemungkinan terhadap seluruh korban kebakaran, kata dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan BPBD provinsi maupun kabupaten, untuk kepentingan pemberian bantuan.
 
Siti mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi kali ini sangat menyedihkan, karena jumlahnya cukup besar.

Api lambat ditangani, karena lokasi yang sangat jauh dan harus mengendarai speed boat dari Kotabaru menuju tempat kejadian selama sekitar satu jam.

Kondisi tersebut, diperparah dengan angin yang cukup kencang, sehingga api dengan cepat menyebar dari rumah satu ke rumah lainnya.

"Awalnya puluhan rumah, kemudian terus bertambah hingga ratusan rumah," katanya.

Kepala BPBD Kalsel Wahyudin mengatakan, saat ini dia sedang mendampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama tim Forkopimda di lokasi kebakaran.

"Saya baru saja sampai di lokasi kebakaran bersama bapak gubernur, secepatnya kami akan mengadakan rapat untuk memastikan langkah-langkah yang akan diambil," katanya.[]

Berita Lainnya

Apa Pergantian Cuaca Berpengaruh pada Penyebaran COVID-19?

SOKSINEWS.COM, Pergantian cuaca dari musim panas ke musim hujan saat ini menimbulakan kekhawatiran memperparah penyebaran virus . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Anggota Komisi XI Sarmuji Sebut Tren Perekonomian Indonesia Mulai Membaik

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi XI Fraksi Partai Golkar DPR RI M. Sarmuji mengatakan, secara teknis Indonesia memang berkemungkinan . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Di Depan Sidang Umum PBB, Jokowi Ingatkan Palestina Belum Merdeka

SOKSINEWS.COM, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyampaikan pidatonya di Sidang Majelis Umum ke-75 PBB pada Rabu . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Mendagri Gandeng Sekjen Parpol Pastikan Pilkada Aman dari Covid-19

SOKSINEWS.COM, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menggandeng para Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Politik (Parpol) . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Golkar Kabupaten Belitung Gelar Musda ke-10 pada 27 September

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Belitung akan menggelar musyawarah daerah (Musda) X Partai . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020