Rabu, 29 Januari 2020

 

 

Nasional

Dinas Sosial Kirimkan 600 Paket Untuk Korban Kebakaran Pulau Sebuku

Abubakar
Minggu, 24 November 2019 13:15 WIB

Dinas Sosial Kirimkan 600 Paket Untuk Korban Kebakaran Pulau Sebuku
Kepala Dinas Sosial Siti Nuriani di Banjarmasin

SOKSINEWS.COM, Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengirimkan  600 paket  bantuan berupa makanan, pakaian, kasur dan lainnya untuk korban kebakaran di permukiman warga Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku Kotabaru, Sabtu (23/11/2019) sekitar pukul 22.00 Wita.

Kepala Dinas Sosial Siti Nuriani di Banjarmasin mengatakan, saat ini tim sedang melakukan pendataan terhadap seluruh korban kebakaran yang diperkirakan mencapai ratusan rumah. Minggu, (24/11/19).

"Sampai saat ini kami bersama tim masih melakukan pendataan untuk memastikan berapa jumlah rumah yang terbakar. Informasi sementara, mencapai sekitar 400 rumah, 600 kepala keluarga dan ribuan anggota keluarga kehilangan rumah. Namun kita masih menunggu jumlah pastinya, itu baru perkiraan," katanya.

Pemerintah melalui APBN telah menganggarkan bantuan senilai Rp161 juta, untuk penyaluran berbagai paket kebutuhan korban tersebut. Sedangkan dari APBD, tambah dia, sedang dalam proses penghitungan.

"Dari APBD, kami perkirakan hari ini juga telah selesai perhitungan, sehingga bantuan bisa segera dikirim," katanya.

Mengantisipasi berbagai kemungkinan terhadap seluruh korban kebakaran, kata dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan BPBD provinsi maupun kabupaten, untuk kepentingan pemberian bantuan.
 
Siti mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi kali ini sangat menyedihkan, karena jumlahnya cukup besar.

Api lambat ditangani, karena lokasi yang sangat jauh dan harus mengendarai speed boat dari Kotabaru menuju tempat kejadian selama sekitar satu jam.

Kondisi tersebut, diperparah dengan angin yang cukup kencang, sehingga api dengan cepat menyebar dari rumah satu ke rumah lainnya.

"Awalnya puluhan rumah, kemudian terus bertambah hingga ratusan rumah," katanya.

Kepala BPBD Kalsel Wahyudin mengatakan, saat ini dia sedang mendampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama tim Forkopimda di lokasi kebakaran.

"Saya baru saja sampai di lokasi kebakaran bersama bapak gubernur, secepatnya kami akan mengadakan rapat untuk memastikan langkah-langkah yang akan diambil," katanya.[]

Berita Lainnya

Omnibus Law Keamanan Laut, Mahfud MD: Bertambah Jadi 24 UU

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan hasil pemetaan regulasi yang harus . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Korban Kejahatan Seksual Pejabat Buton Utara Dapat Bantuan Psikolog

SOKSINEWS.COM, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Menko Polhukam Gelar Rapat Soal Pengamanan Laut

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar rapat khusus terkait pengamanan wilayah . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

PPP Dukung Pansus Jiwasraya

SOKSINEWS.COM, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Arsul Sani yang juga Wakil Ketua MPR mengatakan partainya . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Polri: Ada 56 Pertanyaan Diajukan Penyidik Pada Novel

SOKSINEWS.COM, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020