Selasa, 28 Januari 2020

 

 

Nasional

Mendagri: Ideologi Hanya Bisa Dilawan dengan Ideologi

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 26 November 2019 12:58 WIB

Mendagri: Ideologi Hanya Bisa Dilawan dengan Ideologi
Musyawarah Nasional APPSI, dI Jakarta Selasa, (26/11/2019). (ANTAR FOTO/Boyke Ledy Watra)

SOKSINEWS.COM, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berpesan kepada para gubernur dalam kegiatan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) agar terus menanamkan ideologi Pancasila di setiap kesempatan.

"Ideologi hanya bisa dikalahkan dengan ideologi, ideologi mana yang bisa kita ambil untuk mengalahkan ideologi yang mungkin bisa membahayakan negara ini, ya Pancasila," kata Tito Karnavian di Jakarta Selasa (26/11/19).

Tito meminta, pembuatan setiap regulasi oleh kepala daerah harus berasaskan ideologi Pancasila, begitu juga di setiap kegiatan seperti apel, acara formal, dan kegiatan lainnya daerah terus menggaungkan ideologi Pancasila serta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Ini akan mereduksi dan tidak memberi ruang kepada ideologi lain masuk," ucapnya.

Saat era demokratisasi ini menurut dia ketahanan ideologi menjadi tantangan karena begitu terbuka ruang kebebasan berserikat dan berkumpul dan menyampaikan pendapat.

"Ini juga memberi ruang masuk kepada ideologi-ideologi yang mungkin tidak cocok dengan keadaan masyarakat kita yang plural," kata dia.

Oleh karena, potensi tersebut perlu diredam, serta dinetralisir karena hal itu bisa mengakibatkan perpecahan di tengah masyarakat yang plural.

Tito juga sempat menyinggung soal cara berpakaian aparatur sipil negara (ASN) yang menurutnya hendaknya mengikuti aturan dan cara berpakaian yang telah diatur sesuai ketentuan.

"Sudah ada tata caranya, hari Senin pakai apa, Selasa pakai apa, Rabu apa. Kemudian panjangnya berapa, mirip dengan di TNI dan Polri juga sudah ada aturan-aturan, lebarnya kemudian apanya bentuknya, warnanya dan seterusnya," pungkasnya.[]

Berita Lainnya

Omnibus Law Keamanan Laut, Mahfud MD: Bertambah Jadi 24 UU

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan hasil pemetaan regulasi yang harus . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Korban Kejahatan Seksual Pejabat Buton Utara Dapat Bantuan Psikolog

SOKSINEWS.COM, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Menko Polhukam Gelar Rapat Soal Pengamanan Laut

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar rapat khusus terkait pengamanan wilayah . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

PPP Dukung Pansus Jiwasraya

SOKSINEWS.COM, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Arsul Sani yang juga Wakil Ketua MPR mengatakan partainya . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Polri: Ada 56 Pertanyaan Diajukan Penyidik Pada Novel

SOKSINEWS.COM, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020