Minggu, 20 September 2020

 

 

Ekonomi

Gubernur Ajak Kepala Daerah Jaga Kestabilan Inflasi

Abubakar
Rabu, 27 November 2019 13:12 WIB

Gubernur Ajak Kepala Daerah Jaga Kestabilan Inflasi
Cabai

SOKSINEWS.COM, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengajak para kepala daerah kota dan kabupaten di Sulut untuk bersinergi dengan pemerintah provinsi menjaga kestabilan inflasi.

"Kira-kira tinggal satu bulan lebih (tahun 2019), inflasi daerah sangat baik dan berada di bawah rata-rata nasional. Kepala daerah kabupaten dan kota berperan menjaga kestabilannya di daerah masing-masing," sebut Gubernur Olly di Manado, Rabu, (27/11/19).

Inflasi daerah, sebut dia, tinggi di awal-awal Desember sehingga tiga komoditas penyumbang inflasi harus diperhatikan.

"Ada tiga komoditas yang harus kita jaga kestabilannya yaitu cabai, tomat dan bawang. Kepala daerah harus menginformasikan kondisi ketersediaannya di masing-masing wilayah dengan daerah lainnya," sebut Gubernur.

Wakil Ketua Badan Anggaran DPR-RI periode 2009-2014 itu menambahkan, berbagai strategi telah diupayakan untuk menjaga kestabilan ketersediaan pasokan.

Di Kabupaten Bolaang Mongondow misalkan, pemerintah setempat menanam hampir lima puluh hektare tanaman cabai.

"Sebulan lebih ini harus kita jaga kestabilannya agar tidak mengkoreksi angka inflasi daerah," ujarnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengatakan, versi Badan Pusat Statistik (BPS) agar inflasi bisa terkendali maka ada standar harga yang tidak bisa dilewati untuk tiga komoditas ini.

Harga tomat misalkan, paling mahal sebesar Rp10 ribu per kilogramnya, cabai batas atasnya sebesar Rp70 ribu per kilogramnya, sementara harga bawang paling tinggi sebesar Rp35 ribu.

"Harus berada di angka ini apabila ingin menekan inflasi. Kita jaga ketersediaannya, harganya, saya yakin bila kita bisa mengendalikannya kita akan mendapatkan manfaat secara langsung," sebut Gubernur.[]

Berita Lainnya

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020

Pembangunan Infrastruktur Jadi Strategi Pemerintah Pulihkan Ekonomi Nasional

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur menjadi salah satu strategi . . .

Ekonomi Selasa, 25 Agustus 2020