Jumat, 06 Desember 2019

 

 

Ekonomi

Delapan Kota Di Jatim "Kompak" Alami Inflasi

Abubakar
Senin, 02 Desember 2019 17:13 WIB

Delapan Kota Di Jatim
Pasar tradisional

SOKSINEWS.COM, Sebanyak delapan kota yang terpantau dalam indeks harga konsumen (IHK) di Jawa Timur pada November 2019 "kompak" mengalami inflasi, sehingga secara keseluruhan memberikan kontribusi terhadap inflasi Jatim yang tercatat 0,23 persen.

Keterangan tertulis Badan Pusat Statistik Jatim di Surabaya,  mencatat dari delapan kota IHK tersebut, inflasi tertinggi berada di Sumenep sebesar 0,41 persen dan inflasi terendah terjadi di Kota Malang hanya 0,01 persen. Senin, (02/12/19).

Sedangkan enam kota lainnya masing-masing Kediri berinflasi 0,38 persen, Probolinggo 0,31 persen, Banyuwangi 0,22 persen, Madiun 0,16 persen, serta Surabaya dan Jember yang sama-sama mengalami inflasi 0,28 persen.

"Dari tujuh kelompok pengeluaran, lima kelompok mengalami inflasi dan dua kelompok mengalami deflasi," sebut Kepala BPS Jatim Teguh Pramono.

Kelompok yang mengalami inflasi tertinggi adalah kelompok bahan makanan sebesar 0,79 persen, sedangkan kelompok yang mengalami deflasi tertinggi adalah kelompok sandang sebesar 0,26 persen.

Teguh menyebutkan, komoditas utama yang memberikan andil terbesar terhadap inflasi Jawa Timur pada November 2019 adalah bawang merah, daging ayam ras, dan telur ayam ras.

Sementara komoditas yang memberikan andil deflasi terbesar adalah cabai merah, emas perhiasan, dan cabai rawit.

Secara keseluruhan, lanjutnya, laju inflasi Jatim pada tahun kalender di bulan November 2019 mencapai 1,59 persen, sedangkan tingkat inflasi tahun ke tahun (November 2019 terhadap November 2018) tercatat 2,20 persen.

Data BPS Jatim juga mencatat, pada November 2019, kelompok inti mengalami inflasi sebesar 0,09 persen, komponen yang diatur pemerintah mengalami inflasi 0,06 persen, dan komponen bergejolak mengalami inflasi 0,91 persen.[]

Berita Lainnya

Wamenlu: Perusahan AS Berkomitmen Investasi Lebih Besar di RI

SOKSINEWS.COM, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengungkapkan bahwa sejumlah perusahaan Amerika Serikat yang beroperasi . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

BI Dorong Hilirisasi Rumput Laut Tingkatkan Daya Saing Ekspor

SOKSINEWS.COM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan (KPw BI Sulsel)  mendorong program hilirisasi rumput laut . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

OJK Imbau Masyarakat Sulut Waspadai Investasi Bodong

SOKSINEWS.COM, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara Slamet Wibowo mengimbau seluruh . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

Presiden Harap Pengusaha AS Optimalkan Peluang Bisnis di RI

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo berharap para pengusaha Amerika Serikat mengoptimalkan peluang bisnis di negara-negara ASEAN . . .

Ekonomi Kamis, 05 Desember 2019

Mobile Banking Bank Nagari Permudah Nasabah Monitor Rekening

SOKSINEWS.COM, Layanan Mobile Banking dari PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat dapat dimanfaatkan oleh para nasabah . . .

Ekonomi Rabu, 04 Desember 2019