Sabtu, 08 Agustus 2020

 

 

Nasional

Polres Tanjungpinang Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Abubakar
Rabu, 04 Desember 2019 15:32 WIB

 Polres Tanjungpinang Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal

SOKSINEWS.COM, Polres Tanjungpinang, Polda Kepri, mengimbau seluruh masyarakat agar mewaspadai perubahan cuaca ekstrem yakni memasuki musim penghujan dan angin kencang dengan mengurangi aktivitas berkendara baik di jalan maupun perjalanan laut dan udara.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal, menyampaikan beberapa imbauan terkait hal tersebut. Antara lain, masyarakat sedapat mungkin menghindari atau mengurangi aktivitas di luar apabila cuaca hujan dan atau angin kencang.

"Saat di perjalanan mengalami cuaca hujan, upayakan berlindung di tempat yang aman. Hindari berlindung di bawah pohon karena rawan akan tumbang dan petir," kata Iqbal di Tanjungpinang, Rabu, (4/12/19).

Kemudian, kata dia, masyarakat harus selalu memperbarui prakiraan cuaca baik darat, laut maupun udara dengan mengakses data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, dia mengajak warga bersama - sama menggiatkan gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bersihkan parit, selokan, saluran air dari sampah agar aliran air lancar untuk mencegah genangan air dan banjir.

"Perkuat dinding tebing dengan menanam pepohonan yg menyerap air dan membuat tembok dengan saluran air untuk menghindari longsor," sebut Iqbal.

Kapolres turut menyampaikan, bahwa Polres Tanjungpinang telah menyiapkan personel untuk tanggap darurat bencana apabila terjadi bencana alam seperti banjir, pohon tumbang dan tanah longsor.

"Masyarakat yang mengetahui terjadinya bencana dapat menghubungi call center di nomor telepon 0811 7002 934, 0812 778 6340 dan 0813 6472 4338," imbuhnya.

Sementara, BMKG Tanjungpinang turut mengimbau kepada warga nelayan dan transportasi laut di Kepri tetap waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi di perairan Kepri yang dipicu musim angin utara.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Diana, menyampaikan saat ini kondisi gelombang di perairan Kepri cukup signifikan, khususnya di Pulau Natuna dan Anambas sudah mencapai 5 meter. Kondisi ini diprediksi akan bertahan hingga pertengahan Januari 2020 mendatang.

"Sementara untuk wilayah perairan di sekitar Pulau Bintan, Batam, Lingga, dan Karimun masih dalam kategori aman, yakni berkisar antara 0,5 hingga 1,5 meter," ungkap Diana.[]

Berita Lainnya

Ini Tiga Program Depidar SOKSI Bali yang Dimotori Gus Adhi

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Bali yang diketuai  AA . . .

Nasional Sabtu, 08 Agustus 2020

SOKSI Bali Luncurkan Tiga Program untuk Wujudkan Spirit Karya Kekaryaan

SOKSINEWS.COM, Mengawali bulan Agustus di tahun 2020, Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia . . .

Nasional Sabtu, 08 Agustus 2020

SOKSI Siapkan Kader Terbaik untuk Menangkan Golkar di Berbagai Kontestasi Politik

SOKSINEWS.COM, Ketua Umum Depinas SOKSI periode 2020-2025 Ahmadi Noor Supit mengatakan bahwa agenda terbesar dalam kepengurusannya . . .

Nasional Sabtu, 08 Agustus 2020

Depicab SOKSI Jambi Rekrut 1000 Relawan untuk Sosialisasi Pilkada Damai

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Kota Jambi akan merekrut . . .

Nasional Kamis, 06 Agustus 2020

Kader SOKSI Diminta Aktif Kampanyekan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan

SOKSINEWS.COM, Dalam mendukung upaya pencegahan penularan COVID-19, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta . . .

Nasional Jumat, 31 Juli 2020