Sabtu, 25 Januari 2020

 

 

Nasional

Polres Tanjungpinang Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Abubakar
Rabu, 04 Desember 2019 15:32 WIB

 Polres Tanjungpinang Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal

SOKSINEWS.COM, Polres Tanjungpinang, Polda Kepri, mengimbau seluruh masyarakat agar mewaspadai perubahan cuaca ekstrem yakni memasuki musim penghujan dan angin kencang dengan mengurangi aktivitas berkendara baik di jalan maupun perjalanan laut dan udara.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal, menyampaikan beberapa imbauan terkait hal tersebut. Antara lain, masyarakat sedapat mungkin menghindari atau mengurangi aktivitas di luar apabila cuaca hujan dan atau angin kencang.

"Saat di perjalanan mengalami cuaca hujan, upayakan berlindung di tempat yang aman. Hindari berlindung di bawah pohon karena rawan akan tumbang dan petir," kata Iqbal di Tanjungpinang, Rabu, (4/12/19).

Kemudian, kata dia, masyarakat harus selalu memperbarui prakiraan cuaca baik darat, laut maupun udara dengan mengakses data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, dia mengajak warga bersama - sama menggiatkan gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bersihkan parit, selokan, saluran air dari sampah agar aliran air lancar untuk mencegah genangan air dan banjir.

"Perkuat dinding tebing dengan menanam pepohonan yg menyerap air dan membuat tembok dengan saluran air untuk menghindari longsor," sebut Iqbal.

Kapolres turut menyampaikan, bahwa Polres Tanjungpinang telah menyiapkan personel untuk tanggap darurat bencana apabila terjadi bencana alam seperti banjir, pohon tumbang dan tanah longsor.

"Masyarakat yang mengetahui terjadinya bencana dapat menghubungi call center di nomor telepon 0811 7002 934, 0812 778 6340 dan 0813 6472 4338," imbuhnya.

Sementara, BMKG Tanjungpinang turut mengimbau kepada warga nelayan dan transportasi laut di Kepri tetap waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi di perairan Kepri yang dipicu musim angin utara.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Diana, menyampaikan saat ini kondisi gelombang di perairan Kepri cukup signifikan, khususnya di Pulau Natuna dan Anambas sudah mencapai 5 meter. Kondisi ini diprediksi akan bertahan hingga pertengahan Januari 2020 mendatang.

"Sementara untuk wilayah perairan di sekitar Pulau Bintan, Batam, Lingga, dan Karimun masih dalam kategori aman, yakni berkisar antara 0,5 hingga 1,5 meter," ungkap Diana.[]

Berita Lainnya

Omnibus Law Keamanan Laut, Mahfud MD: Bertambah Jadi 24 UU

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan hasil pemetaan regulasi yang harus . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Korban Kejahatan Seksual Pejabat Buton Utara Dapat Bantuan Psikolog

SOKSINEWS.COM, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Menko Polhukam Gelar Rapat Soal Pengamanan Laut

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar rapat khusus terkait pengamanan wilayah . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

PPP Dukung Pansus Jiwasraya

SOKSINEWS.COM, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Arsul Sani yang juga Wakil Ketua MPR mengatakan partainya . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Polri: Ada 56 Pertanyaan Diajukan Penyidik Pada Novel

SOKSINEWS.COM, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020