Sabtu, 08 Agustus 2020

 

 

Ekonomi

Presiden Harap Pengusaha AS Optimalkan Peluang Bisnis di RI

Abubakar
Kamis, 05 Desember 2019 11:02 WIB

Presiden Harap Pengusaha AS Optimalkan Peluang Bisnis di RI
Presiden Joko Widodo

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo berharap para pengusaha Amerika Serikat mengoptimalkan peluang bisnis di negara-negara ASEAN'>ASEAN terutama Indonesia.

"Saya berharap delegasi bisnis AS dapat mengoptimalkan peluang untuk mempromosikan kerja sama ini, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia," kata Presiden Jokowi ketika menerima delegasi Dewan Bisnis AS-ASEAN'>ASEAN di Istana Merdeka Jakarta, Kamis, (5/12/19).

Di hadapan sekitar 50 anggota delegasi dewan itu, Presiden Jokowi mengatakan hubungan antara Indonesia dan AS cukup kuat khususnya pada kerja sama ekonomi.

"AS adalah mitra dagang terbesar keempat Indonesia. Investasi AS di Indonesia hampir mencapai 1,2 miliar dolar AS," katanya.

Kepala Negara juga mengatakan Indonesia dan AS sepakat meningkatkan volume perdagangan menjadi sebesar 60 miliar dolar AS hingga 2024.

Di awal sambutannya, Presiden mengatakan siap bertukar pandangan secara terbuka tentang kerja sama antara Indonesia, ASEAN'>ASEAN dan AS.

Pada 2018, pertumbuhan ekonomi ASEAN'>ASEAN rata-rata ialah 5,1 persen. Jauh lebih tinggi dari rata-rata global.

Ekonomi Indonesia dalam lima tahun terakhir telah tumbuh lebih dari lima persen. Indonesia dan ASEAN'>ASEAN akan berlari lebih cepat untuk mendapatkan pertumbuhan dan pemerataan.

"Kami terbuka untuk kerja sama dengan negara manapun demi mencapai kepentingan yang saling menguntungkan," katanya.

Menurut Jokowi, saat ini, AS dan negara-negara ASEAN'>ASEAN dalam hal politik, apalagi keadilan ekonomi, dalam kondisi baik.

"Kehadiran AS tidak hanya menguntungkan ASEAN'>ASEAN, tetapi juga stabilitas dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik," kata Jokowi.[]

Berita Lainnya

Bandara Semarang Layani Penerbangan Terbatas Saat Pandemi COVID-19

SOKSINEWS.COM, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai melayani penerbangan sejumlah maskapai . . .

Ekonomi Sabtu, 09 Mei 2020

Kemenkeu Ungkap Ruangguru Paling Banyak Dipilih Peserta Prakerja

SOKSINEWS.COM, Kementerian Keuangan mengungkap mitra Kartu Prakerja yakni Ruangguru menjadi kanal digital yang paling banyak dipilih . . .

Ekonomi Jumat, 08 Mei 2020

Sri Mulyani : Percepatan Bansos Tahan Penurunan Konsumsi Di Kuartal II

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan keputusan pemerintah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial . . .

Ekonomi Jumat, 08 Mei 2020

Industri masih jadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi kuartal I

SOKSINEWS.COM, Sektor industri masih memberikan kontribusi paling besar terhadap struktur produk domestik bruto (PDB) nasional . . .

Ekonomi Rabu, 06 Mei 2020

Kementan sebut bawang merah segera panen raya

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pertanian menyatakan bahwa komoditas bawang merah yang kini harganya masih terpantau tinggi, akan segera . . .

Ekonomi Senin, 04 Mei 2020