Kamis, 23 Januari 2020

 

 

Ekonomi

Wamenlu: Perusahan AS Berkomitmen Investasi Lebih Besar di RI

Abubakar
Kamis, 05 Desember 2019 13:13 WIB

Wamenlu: Perusahan AS Berkomitmen Investasi Lebih Besar di RI
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar

SOKSINEWS.COM, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengungkapkan bahwa sejumlah perusahaan Amerika Serikat yang beroperasi di Indonesia berkomitmen meningkatkan investasinya.

"Secara khusus, perusahaan yang ada di pertemuan ini menyampaikan komitmen mereka untuk investasi lebih besar lagi di Indonesia," kata Mahendra Siregar dalam konferensi pers bersama Ketua Dewan Bisnis AS-ASEAN'>ASEAN Alexander C Fiedman dan pengurus lainnya di Istana Kepresidenan Jakarta, usai pertemuan dengan Presiden Jokowi. Kamis, (5/12/19).

Mahendra menyebutkan para pengusaha AS berharap stabilitas dan langkah-langkah menjaga pertumbuhan dan pengembangan SDM yang menjadi prioritas pemerintah di periode kedua ini benar-benar dilaksanakan.

"Karena seluruh perusahaan yang hadir juga memberikan dukungan yang kuat di masing-masing bidang maupun dalam konteks pembangunan manusia yang lebih luas lagi," kata mantan Dubes RI untuk AS itu.

Ia menjelaskan dalam pertemuan itu Presiden Jokowi menjelaskan beberapa komitmen dan pelaksanaan kebijakan untuk memperbaiki iklim investasi yang ada.

"Termasuk juga menjelaskan langkah-langkah untuk UU Omnibus Law yang bisa semakin menyelesaikan beberapa masalah yang bisa dijumpai di bidang investasi," katanya.

Sementara itu Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan suasana pertemuan Presiden Jokowi dengan pengusaha AS berlangsung dalam atmosfer yang bagus.

"Exxon mau terus berinvestasi di Indonesia. Secara keseluruhan project investment mau masuk di sektor energi. Karena sudah berkembang di Cepu, yang tadinya diperkirakan 160 ribu barel sekarang di atas 200 ribu barel per hari. Mereka baru merencanakan sekian tahun sekian tahun. Nanti akan dibicarakan," katanya.

Sementara itu Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia Batara Sianturi  mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi sangat produktif.

"Delegasi dari 46 perusahaan Amerika yang ada di ASEAN'>ASEAN dan di luar ASEAN'>ASEAN memberikan dukungan kepada lima prioritas dari Presiden baik dalam human capital, infrastruktur, reformasi ekonomi dan juga birokrasi dan juga menyederhanakan regulasi," katanya.

Hadir dalam pertemuan itu pimpinan sejumlah perusahaan AS antara lain Freeport McMoRan, Citi, Conoco Phillips, Exxon Mobil, Philip Morris, BP, AIG, Chevron, Coca Cola, GE, Oracle, Qualcomm, Agoda, Paypal, Disney, IBM Global Services, Visa, MasterCard, Apple, Amazon, Google, Marriott International.[]

Berita Lainnya

Sri Mulyani Sebut Devisit APBD 2019 RP353 Triliun

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Januari . . .

Ekonomi Selasa, 07 Januari 2020

Banjir Kembali Landa Solok Selatan, 9 Rumah Hanyut Tersapu Air

SOKSINEWS.COM, Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 9 rumah hanyut, sejumlah jembatan ambruk . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Presdir BCA: Kepercayaan Masyarakat Berawal Dari Perusahaan Solid

SOKSINEWS.COM, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, di tengah perkembangan teknologi . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019