Kamis, 23 Januari 2020

 

 

Ekonomi

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

Abubakar
Kamis, 12 Desember 2019 13:00 WIB

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya
Menabung mempunyai beragam manfaat, salah satunya adalah bertujuan untuk rencana masa depan yang lebih baik, termasuk menabung untuk hari tua.

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai kekayaan. Kalau iya demikian, kamu salah besar.

Pada dasarnya, menyimpan uang di bank sama saja dengan menitipkan uang pada bank sebagai lembaga yang dipercaya. Tentu saja menyimpan uang di bank pada umumnya tidaklah gratis.

Kamu harus membayar biaya administrasi setiap bulan yang langsung dipotong dari dana yang kamu simpan. Namun, jika menggunakan jenis Tabunganku, kamu dibebaskan dari biaya tersebut.

Meskipun demikian, tetap saja ada biaya-biaya, seperti biaya pasif, biaya penutupan rekening, dan biaya transaksi debit.

Berikut ini beberapa cara menyimpan uang yang aman dan benar selain di bank, dilansir dari berbagai sumber.

1. Menabung Emas

Salah satu faktor mengapa kita perlu menabung di emas adalah karena harga emas yang selalu naik dari tahun ke tahun.

Selain itu, kelebihan dari emas adalah daya tahannya terhadap arus inflasi dan saat kamu membutuhkan uang tunai dalam jumlah besar maka emas dapat dengan mudah dan cepat untuk diuangkan.

Pegadaian memberikan program untuk membantu masyarakat bisa berinvestasi dalam emas. Pegadaian membuat program tabungan emas, di mana kamu dapat menyetorkan sejumlah dana kepada Pegadaian untuk memiliki emas sesuai kebutuhan.

Tetapi, selama dalam proses menabung, emas ini tetap dalam penguasaan pihak Pegadaian hingga mencapai berat tertentu.

2. Menyimpan Uang di Brankas

Brankas adalah lemari atau kotak besi tahan api yang biasa dipergunakan untuk melindungi barang-barang berharga dari bahaya kebakaran dan pencurian atau pembongkaran seperti uang, surat-surat berharga, perhiasan, dan lain lain.

Brankas umumnya berbentuk kubus, balok atau silinder. Ada berbagai jenis brankas, dari yang kecil dan portabel, brankas yang dipasang di dinding, maupun brankas besar berbentuk ruangan.

3. Simpan di Dalam Celengan

Celengan merupakan nama umum untuk kotak akumulasi atau penabungan koin. Umumnya, celengan digunakan oleh anak-anak. Celengan biasanya terbuat dari plastik, keramik atau porselen.

Cara menyimpan uang di celengan bertujuan untuk mengajarkan kepada anak untuk menabung. Pada celengan tradisional, uang dapat dengan mudah dimasukkan, namun jika ingin mengambil uangnya, celengan tersebut harus dipecahkan.

Tapi celengan modern memiliki lubang karet pada bagian bawahnya, untuk memudahkan dalam mengambil uang yang disimpan dalam celengan tersebut.

4. Simpan di Dalam Cash Box

Cash box juga dapat diartikan sebagai brankas. Namun, ukuran cash box lebih kecil dan bisa dibawa-bawa. Mudahnya, cash box adalah brankas portabel. Di Indonesia sendiri, cash box juga dikenal dengan kotak uang. Bahkan, masih banyak juga orang yang menyebut dengan brankas.

Kunci pengamanan cash box pada umumnya memiliki dua jenis, yaitu keamanan secara digital dan analog. Bahkan, bisa juga kombinasi antara keduanya. Sistem keamanan digital yang dimaksud, yaitu sistem keamanan yang membutuhkan seri nomor tertentu untuk dapat membukanya.

Nomor akan terdiri dari beberapa digit angka. Sedangkan cash box dengan sistem manual, yaitu pengamanan yang memerlukan kunci tambahan. Cash box yang bagus dan memenuhi standar keamanan, haruslah dengan klasifikasi tahan api dan kuat.

5. Beli dan Isi Kartu E-Money

Kalau yang satu ini pasti udah pada tahu, kan? Apalagi yang sering lewat jalan tol, penting banget, nih. E-money juga bisa jadi tempat kamu buat menyimpan uang, sekarang udah banyak tempat makan yang bisa dibayar dengan uang elektronik ini.

Walaupun beberapa kartu punya batasan jumlah uang yang bisa disimpan, tapi tetap bisa jadi tempat menyimpan uangmu. Beberapa bank juga udah mengeluarkan e-money tinggal dipilih sesuai kebutuhan kamu, ya.[]

Berita Lainnya

Sri Mulyani Sebut Devisit APBD 2019 RP353 Triliun

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Januari . . .

Ekonomi Selasa, 07 Januari 2020

Banjir Kembali Landa Solok Selatan, 9 Rumah Hanyut Tersapu Air

SOKSINEWS.COM, Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 9 rumah hanyut, sejumlah jembatan ambruk . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Presdir BCA: Kepercayaan Masyarakat Berawal Dari Perusahaan Solid

SOKSINEWS.COM, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, di tengah perkembangan teknologi . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019