Senin, 21 September 2020

 

 

Nasional

BMKG: Gelombang Laut Perairan NTT Kategori Ekstrem

Abubakar
Senin, 06 Januari 2020 13:09 WIB

BMKG: Gelombang Laut Perairan NTT Kategori Ekstrem
Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Ota Welly Jenni Thalo, di Kupang

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gelombang laut di sejumlah wilayah perairan laut Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini sudah masuk kategori ekstrem.

"Gelombang pada wilayah laut yang masuk kategori ekstrem adalah Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Ota Welly Jenni Thalo, di Kupang, Senin, (06/01/2020).

Dia menjelaskan gelombang laut di wilayah-wilayah itu masuk dalam kategori ekstrem karena tinggi gelombang sudah berada pada kisaran 4-6 meter, sedangkan wilayah perairan laut yang masuk gelombang tinggi adalah Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian selatan dan periaran selatan Kupang-Rote.

Tinggi gelombang itu, kata dia, bisa mencapai dua kali lipat dari yang diprakirakan BMKG.

Berdasarkan kategori, kata dia, tinggi gelombang 0,5-1,25 meter masuk kategori rendah, tinggi gelombang 1,25-4 meter kategori tinggi dan 4-6 meter kategori sangat tinggi atau ekstrem.

Dalam hubungan dengan itu, operator pelayaran dan nelayan dapat memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk perahu nelayan harus memperhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m, kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m.

Kapal feri kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas empat meter.

Dia juga meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.[]

Berita Lainnya

Kasus Mutilasi, DPR: Anak Muda Harus Hati-hati Jika Berkenalan via Daring

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengimbau agar masyarakat khususnya anak muda dapat lebih berhati-hati dalam . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Kapasitas Tower 5 RSD Wisma Atlet Sudah Terisi Lebih dari 91 Persen

SOKSINEWS.COM, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta yang disiapkan . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Per 20 September, Terkonfirmasi Positif COVID-19 Bertambah 3.989 Kasus

SOKSINEWS.COM, Satgas penanganan COVID-19 menyampaikan data terkini terkait jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 per hari . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Mendikbud Didesak Jadikan Sejarah sebagai Mata Pelajaran Wajib

SOKSINEWS.COM, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim didesak menjadikan sejarah sebagai mata pelajaran . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Setelah Keluar Rumah Lakukan Ini untuk Cegah Klaster Keluarga

SOKSIWEWS.COM, Masyarakat diminta secara ketat menjalankan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020