Kamis, 23 Januari 2020

 

 

Nasional

BMKG: Gelombang Laut Perairan NTT Kategori Ekstrem

Abubakar
Senin, 06 Januari 2020 13:09 WIB

BMKG: Gelombang Laut Perairan NTT Kategori Ekstrem
Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Ota Welly Jenni Thalo, di Kupang

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gelombang laut di sejumlah wilayah perairan laut Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini sudah masuk kategori ekstrem.

"Gelombang pada wilayah laut yang masuk kategori ekstrem adalah Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Ota Welly Jenni Thalo, di Kupang, Senin, (06/01/2020).

Dia menjelaskan gelombang laut di wilayah-wilayah itu masuk dalam kategori ekstrem karena tinggi gelombang sudah berada pada kisaran 4-6 meter, sedangkan wilayah perairan laut yang masuk gelombang tinggi adalah Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian selatan dan periaran selatan Kupang-Rote.

Tinggi gelombang itu, kata dia, bisa mencapai dua kali lipat dari yang diprakirakan BMKG.

Berdasarkan kategori, kata dia, tinggi gelombang 0,5-1,25 meter masuk kategori rendah, tinggi gelombang 1,25-4 meter kategori tinggi dan 4-6 meter kategori sangat tinggi atau ekstrem.

Dalam hubungan dengan itu, operator pelayaran dan nelayan dapat memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk perahu nelayan harus memperhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m, kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m.

Kapal feri kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m, kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas empat meter.

Dia juga meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.[]

Berita Lainnya

Omnibus Law Keamanan Laut, Mahfud MD: Bertambah Jadi 24 UU

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan hasil pemetaan regulasi yang harus . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Korban Kejahatan Seksual Pejabat Buton Utara Dapat Bantuan Psikolog

SOKSINEWS.COM, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Menko Polhukam Gelar Rapat Soal Pengamanan Laut

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar rapat khusus terkait pengamanan wilayah . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

PPP Dukung Pansus Jiwasraya

SOKSINEWS.COM, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Arsul Sani yang juga Wakil Ketua MPR mengatakan partainya . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020

Polri: Ada 56 Pertanyaan Diajukan Penyidik Pada Novel

SOKSINEWS.COM, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Komisi Pemberantasan . . .

Nasional Selasa, 07 Januari 2020